3 Cara Paling Aman Mengirimkan Bantuan Kepada Korban Kelaparan Somalia

3 Cara Paling Aman Mengirimkan Bantuan Kepada Korban Kelaparan Somalia

Memahami kondisi kelaparan Somalia tentu menjadi salah satu teguran bagi siapa saja untuk memberikan bantuan dan memanjatkan doa bagi mereka. Doa yang kita panjatkan nanti semoga bisa membuat Sang Pencipta untuk menurunkan air hujan di Somalia. Pasalnya bencana kelaparan yang terjadi di kawasan ini memang 60% disebabkan masalah kekeringan. Curah hujan yang terus menurun dan bahkan tanpa ada hujan sama sekali sampai beberapa bulan membuat lahan pertanian kurang produktif. Jadwal tanam dan panen terbengkalai yang mempengaruhi suplay nya di pasaran.

117923_bayi-bayi-somalia_663_382

Beragam Cara Mengirimkan Bantuan

Apapun yang bisa Anda berikan bisa membantu meringankan korban kelaparan yang dialami masyarakat Somalia. Terdapat beragam cara pula untuk mengirimkan bantuan tersebut, berikut adalah beberapa caranya:

  • Mentransfer sejumlah uang,

Khusus untuk bantuan berbentuk uang tunai maka sebagian besar disalurkan dengan cara ditransfer. Rekening tujuan umumnya milik lembaga sosial atau lembaga amal yang kemudian setelah terkumpul akan disalurkan kepada pengungsi Somalia. Penyerahan ini biasanya dilakukan sekaligus mengirimkan relawan, sehingga di posko pengungsi ada pihak yang mengurus bantuan tersebut.

  • Mengirimkan bantuan kepada relawan,

Ketika suatu bencana diketahui publik dunia maka Somalia akan menerima bantuan dari berbagai negara, tidak hanya dari Indonesia. Masing-masing negara akan mendirikan wadah untuk menampung semua bantuan dari seluruh masyarakat yang berkenan dan mampu. Biasanya dibangun oleh masyarakat tertentu dan dibantu pemerintah untuk menjadi salah satu media bagi siapa saja mengirimkan bantuan ke Somalia. Anda tidak perlu mengirimkan paket bantuan langsung kesana melainkan ke wadah relawan tadi untuk kemudian diserahkan kepada para korban di Somalia.

  • Menyerahkannya kepada lembaga amal,

Lembaga amal atau lembaga zakat biasanya juga menjadi media terbaik untuk menyerahkan bantuan apapun. Pihak mereka akan menyediakan rekening bahkan siap menerima bantuan yang dikirimkan lewat pos. Bantuan apapun akan dikumpulkan dan setelah tiba waktu keberangkatan relawan maka akan ikut disalurkan kepada korban secara langsung. Lembaga amal ini paling mudah ditemukan sebab di hampir semua daerah terdapat kantornya, sehingga paling banyak dipilih. Alasan lainnya adalah lembaga amal tidak berdiri musiman namun sudah berdiri lama dan tugasnya beragam.

Memilih yang Efektif dan Aman

Ada banyak lembaga yang bisa disasar untuk menyerahkan bantuan apapun yang mampu diberikan pada korban di Somalia. Anda bisa beramal tanpa takut bantuan tidak sampai di tangan yang layak untuk menerimanya. Usahakan memilih penampung bantuan yang credible supaya apa yang ingin diberikan sampai ke tujuan dan bermanfaat besar. Pasalnya banyak lembaga yang menyatakan menerima bantuan apapun untuk diserahkan kepada korban kelaparan di wilayah Somalia namun sekedar janji saja. Anda tentu tidak menghendaki nya, maka wajib memilih dengan teliti agar tepat manfaat.

 

 

Post Comment