3 Cara Terbaik Optimalkan Gambar Agar SEO Friendly

3 Cara Terbaik Optimalkan Gambar Agar SEO Friendly

3 Cara Terbaik Optimalkan Gambar Agar SEO Friendly

Pembahasan kali ini saya akan berbagi tips dalam mengoptimalkan gambar agar SEO  Friendly, dan juga dapat meningkatkan trafik pada web atau blog.

Ketika mesin pencarian mengindeks halaman situs Anda, mereka tidak hanya fokus pada tulisan. Web crawler digunakan oleh layanan seperti Google dan Bing melalui kode struktural situs Anda, bertujuan untuk mencari informasi terkait yang menawarkan konten berkualitas kepada pengunjung mereka. Beberapa informasi tersebut mencakup hal seperti backlink, tag dan bahkan gambar.

Gambar bisa membantu menaikan trafik di situs web Anda. Gambar bisa membantu merangsang indera visual pembaca dan menawarkan sedikit nilai hiburan tambahan. Kebanyakan pemilik blog tidak menyadari bahwa semua gambar atau foto yang di upload ke situs mereka tidak terbatas jumlahnya dan gambar-gambar tersebut juga akan muncul di dalam mesin pencarian.

Pencarian gambar memiliki pengaruh yang besar untuk mendatangkan pembaca baru, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari lalu lintas tersebut dan meningkatkan pengunjung baru dengan menggunakan optimasi gambar.

Nah, disini saya akan berbagi tips dan trik kepada sahabat-sahabat Blogger cara mengoptimalkan gambar agar lebih seo frendly.

Tips Mengoptimalkan Gambar Agar SEO Frendly

Tips Optimasi Gambar # 1: Alt Tag & Nama File

Pengunjung mungkin menyukai gambar yang ada pada situs Anda, tetapi komputer tidak. Komputer dirancang untuk melakukan apa yang Anda katakan kepada mereka tanpa melanggar salah satu parameter. Ketika web crawler menemukan gambar pada situs web, mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, karena komputer dibuat untuk mengumpulkan informasi pada setiap situs, dan tidak menafsirkannya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengoptimalkan gambar dan menambahkan label tag alt, sehingga mesin pencarian akan menampilkan konten yang benar-benar dicari oleh para pembaca.

Setelah Anda meng-upload gambar pada situs, tambahkan tag alt di dalamnya. Sebagai contoh jika Anda menguploud gambar rumah dengan nama desain minimalis. Web crawler akan membaca tag alt tanpa menyadari itu adalah gambar rumah. Crawler akan menampilkan gambar ketika seseorang menjalankan pencarian dengan mengetikkan 'desain minimalis'.

Gambar bisa menambah lalu lintas yang datang ke situs web Anda dan juga mampu menarik perhatian para pecinta rumah di dunia dengan menggunakan optimasi gambar rumah Anda dengan menambahkan tag 'desain minimalis'.

Untuk menyertakan tag alt, cukup tambahkan alt = ” alt teks ” ke tag gambar. Berikut ini contohnya:

Cara lain menambahkan alt setelah gambar di-upload di blog, dengan meng-klik gambar tersebut >> pilih “Properties” pengaturan >> kemudian tambahkan alt teks dalam kolom tersedia >> lalu tekan tombol OK.

Mengoptimalkan gambar dan nama file pada web atau Blog sangat diperlukan, sehingga informasi tersebut dapat diindeks dan digunakan sebagai istilah pencarian. Alt tag dan nama file memainkan peran interpretasi penting antara Anda dan mesin mencarian untuk membuat lalu lintas blog Anda semakin bertambah.

Tips Optimasi Gambar # 2: Tambahkan A Caption

Setelah Anda meng-upload gambar di Web atau blog, Anda harus menambahkan keterangan pada gambar, tujuannya agar browser mengerti apa yang pengunjung cari serta juga membuat website Anda lebih profesional.

Tidak semua pengunjung yang datang ke halaman web melalui gambar Anda mencari informasi sesuai gambar tersebut, kemungkinan yang terjadi hanya ingin men-download gambarnya saja. Intinya adalah buatlah gambar yang relevan sesuai dengan apa yang pengunjung cari, dan buatlah pengunjung memutuskan untuk menavigasi ke situs Anda.

Semakin lama pengunjung berada disitus Anda, maka akan semakin baik. Oleh sebeb itu, didalam gambar tersebut buatlah konten yang berkualitas agar terhindar dari “tingkat bouncing”. Tingkat bouncing mengacu pada saat pengunjung mengklik link Anda dan kemudian mereka menyadari bahwa itu bukan apa yang mereka cari, maka mereka segera menutup situs web Anda dan kembali ke mesin pencari. Tentunya itu sebuah kerugian, maka kurangilah tingkat bouncing dengan memberikan keterangan dan konten berkualitas dengan membuat pengunjung ingin tetap tinggal dan berlama-lama di web atau blog Anda, dan tentunya juga ini akan membuat peringkat SEO Anda semakin bertambah.

Tips Optimasi  Gambar  # 3: Ukuran File

Meningkatkan rasio pengguna internet itu sangat sulit karena rentang waktu yang di gunakan sangat singkat. Kemunginan sekitar 8 detik, dalam jangka waktu tersebut kembali akan meningkatkan bouncing. Kembalinya bouncing karena pengaruh dari loading situs yang lambat maka pengunjung akan beralih ke konten lain, pengunjung tidak mau menunggu konten yang lama di muat walaupun konten tersebut berkualitas.

Sebaiknya Anda optimalkan gambar dengan membuat ukuran gambar sekecil mungkin tetapi juga tetap mempertahankan kualitas gambar. Gambar yang diambil malalui kamera DSLR memiliki ukuran sekitar 1,4 MB, jika Anda mengambil gambar secara langsung dari kamera dan meng-uploadnya di blog, itu bisa mengurangi peringkat SEO Anda.

Sebelum meng-upload gambar di blog, sebaiknya gunakan Photoshop atau gunakan layanan online seperti Google Picasa untuk mengurangi ukuran gambar. Selain itu, Anda bisa menggunakan dua layanan online gratis lainnya yaitu Yahoo Smushit dan Kraken. Upload gambar dengan menggunakan layanan tersebut, kemudian Anda download gambar yang sudah di perkecil ukurannya untuk digunakan di situs Blogger Anda.

Percepat Loading Blog Dengan Compression Gambar/Image – Compression Gambar berupa script yang di tempatkan pada editor template. Dengan menggunakan kode ini, ukuran gambar akan di perkecil tanpa mengurangi kualitas gambar dan juga seluruh gambar yang ada pada blog secara otomatis tercompress. Baca Selengkapnya

Kesimpulan

Kualitas situs dan peringkat SEO bukan hanya saja apa yang Anda tulis, tetapi juga apa yang Anda tawarkan kepengunjung maka gunakanlah strategi diatas dengan mengoptimalkan gambar untuk menarik perhatian pengunjung Anda. Buatlah penyesuaian yang diperlukan pada gambar untuk situs Anda, maka Anda akan melihat hasil yang lebih baik dari semua kerja keras yaitu peningkatkan trafik pada situs Anda.

Nah, itulah tiga cara mengoptimalkan gambar agar SEO Friendly, sekian dari saya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Post Comment