4 Penyebab yang Perlu Diketahui Mengapa Wifi Lambat

4 Penyebab yang Perlu Diketahui Mengapa Wifi Lambat

Wifi lambat memang membuat produktivitas dan kinerja terganggu. Pasalnya, waktu akan banyak yang terbuang karena menunggu halaman yang belum terbuka, mendownload file dari website, dan hal lainnya.

mempercepat-wifi-banner

Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab mengapa koneksi wifi melambat agar aktivitas tidak terganggu. Apa saja penyebabnya? Simak di bawah ini.

Periksa koneksi internet Anda

Sebelum wifi diotak-atik, periksa terlebih dahulu koneksi internet Anda dengan menggunakan kabel Ethernet ke modem. Gunakan kabel Ethernet untuk online dan jika Anda tetap tidak bisa terhubung ke internet, tandanya ada masalah dari ISP. Jangan ragu untuk menghubungi pihak ISP terkait dengan masalah tersebut.

Pengaturan koneksi router wifi

Hampir semua perangkat wifi mendukung 2. GHz 802.11g yang juga bisa hingga 54Mbps. Anda bisa menggunakan pengaturan ini pada router wifi sehingga perangkat bisa berjalan maksimal. Jika memilikh 5 GHz, hanya perangkat dengan dual-band wifi saja yang bisa terkoneksi, sedangkan perangkat 802.11n atau 802.11ac tidak bisa terkoneksi dengan maksimal.

Penempatan router wifi

Tempatkan router di lokasi yang ideal untuk memaksimalkan sinyal wifi sehingga Anda bisa browsing dengan cepat. Wifi bisa bekerja kurang maksimal karena gangguan sinyal, sehingga komputer akan terus mengirim ulang pesan untuk mengatasi masalah sinyal. Berbagai peralatan rumah tangga dan bahkan jaringan nirkabel tetangga bisa menggangu komputer Anda. Jadi sebaiknya pindahkan router Anda di lokasi yang lebih baik dan juga ubahlah nomer saluran wifi yang digunakan.

Mencari tahu penyebab turunnya kecepatan internet

Jika kecepatan wifi Anda turun pada saat tertentu, mungkin saja ada software atau perangkat lain yang memakan bandwidth. Periksa software yang ada di komputer Anda. Misalnya saja antivirus yang biasa menjalankan update otomatis di waktu tertentu. Selain itu, bisa saja wifi Anda lambat karena digunakan oleh orang lain yang menembus sistem keamanan. Jadi, pastikan Anda membuat password yang aman agar tidak ada orang yang mengambil bandwidth.

Ingin internet yang cepat? GIG dari Indosat jawabannya. Anda bisa langganan internet rumah dengan koneksi yang cepat dan harga yang murah. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://gig.id/id/plans-and-pricing.

 

Post Comment