5 Kandungan Aloe Vera untuk Atasi Rhemathoid Arthritis

5 Kandungan Aloe Vera untuk Atasi Rhemathoid Arthritis

shutterstock_260457242-1-e1461602966564

Banyak sekali manfaat dan fungsi lidah buaya bagi kita. Selain sering diaplikasiksan sebagai produk kecantikan luar seperti mempercantik rambut dan wajah/kulit, tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini bisa dijadikan obat penyakit dalam. Studi penelitian menunjukkan, lidah buaya mampu mengatasi rhemathoid arthritis atau radang sendi. Nah, 3 kandungan berikut menjadikannya efektif mengatasi radang sendi ini.

  1. Berbagai Macam Vitamin

Lidah buaya mengandung vitamin A, B, C, dan E yang sangat berperan sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang efektif menyerap racun penyebab radang sendi. Selain itu, pembengkakan pun menjadi berkurang.

Anda bisa memanfaatkan kandungan vitamin ini dalam lidah buaya untuk mengobati radang sendi yang dialami Anda, keluarga, atau kerabat. Potong beberapa batang herba tanaman ini, ambil bagian gel-nya, lalu buat jus. Minum secara rutin sekali sehari atau 3 kali sepekan, terutama saat sendi terasa nyeri dan kaku.

  1. Senyawa Alprogen

Sebagai penyakit autoimun atau sistem antibodi yang menyerang ‘kawan’, yaitu synovium (selaput tipis yang melapisi sendi), radang sendi dapat diatasi dengan senyawa alprogen, yaitu senyawa yang dapat menghambat reaksi perlawanan dari autoimun tersebut.

Senyawa alprogen yang juga terdapat dalam lidah buaya ini juga secara tidak langsung, membantu regenerasi sel sehingga dengan terbentuknya banyak sel baru, maka proses penyembuhan menjadi lebih efektif.

  1. Senyawa Glukosamin

Anda pasti sering mendengar senyawa ini dalam iklan obat atau multivitamin pereda radang sendi yang sering diiklankan di TV. Hal ini dikarenakan keefektifannya dalam mengobati rasa kaku dan nyeri yang ditimbulkan radang sendi. Nah, senyawa glukosamin juga dapat ditemukan dalam lidah buaya.

  1. Ektrak Etanol

Seperti halnya vitamin A, B, C, dan E, ektsrak etanol terkandung dalam lidah buaya sehingga bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan alami yang menghambat terjadinya peradangan pada sendi.

  1. Berbagai Macam Mineral

Ruang gerak yang terbatas akibat radang sendi memang sangat menyakitkan. Dengan kandungan mineral dalam lidah buaya yang dibuat jus, akan membantu meningkatkan kinerja enzim dalam mempercepat penyembuhan radang sendi yang Anda derita.

Mineral dalam lidah buaya mencakup kalsium (Ca), kalium (K), natrium (Na), mangan (Mn), zink (Ze), chrom (Cr), dan tembaga (Cu). Selain mineral, lidah buaya juga mengandung banyak enzim dan asam amino yang membantu meringankan nyeri akibat radang sendi.

Sebagai tindakan pencegahan, tanam lidah buaya di rumah (bisa dalam pot). Selain radang sendi, Anda bisa menggunakannya untuk merawat kulit. Oleh karena itu, beberapa sabun cuci piring pun memasukkan lidah buaya ini sebagai salah satu komposisinya.

Fungsi lidah buaya akan semakin optimal jika Anda berusaha menjalani pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan waktu istirahat, rajin berolahraga, dan optimis menjalani hidup.

 

 

Post Comment