5 Makanan Sehat untuk Anak dan Cara Mengolahnya yang Benar

5 Makanan Sehat untuk Anak dan Cara Mengolahnya yang Benar

Siapa yang tidak ingin anaknya tumbuh sehat? Salah satu syarat agar anak tumbuh sehat adalah dengan memberinya makanan yang sehat. Ciri-ciri makanan sehat adalah makanan yang tidak instan, mengandung bahan makanan sehat serta diolah dengan cara yang sehat. Bahan makanan sehat ada banyak sekali namun kami akan menginformasikan 5 makanan paling sehat untuk anak. Simak ulasan 5 makanan sehat untuk anak dan cara mengolahnya yang benar di bawah ini.

makanan-sehat-untuk-anak

  1. Telur

Salah satu makanan sehat yang mengandung banyak protein dan kaya akan vitamin D adalah telur. Kandungan di dalamnya akan membantu tubuh anak dalam menyerap kalsium yang penting untuk tumbuh kembangnya.

  1. Brokoli

Hampir semua sayuran memang baik untuk anak namun di antara banyak sayuran tersebut brokolilah yang paling unggul. Brokoli menandung kalsium, serat dan asam folat yang bermanfaat dalam mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan sehat selanjutnya yang sudah bisa diberikan pada bayi usia 6 bulan. Yoghurt berguna untuk meningkatkan sistem imunitas anak serta menambah vitamin D dan kalsium.

  1. Salmon

Sudah bukan rahasia lagi bahwa anak membutuhkan salmon sebagai sumber omega 3 yang baik utnuk perkembangan otaknya serta mencegahnya dari depresi. Nah, jangan lupa memasukkan salmon pada menu makannya ya.

  1. Blueberry

Segala macam buah-buahan memang sangat baik untuk anak namun yang paling top adalah blueberry. Buah ini bermanfat dalam memelihara kesehatan otak serta sebagai antioksidan.

Memilih makanan sehat untuk anak saja tidak cukup apabila tidak diimbangi dnegan cara pengolahan yang sehat pula. Berikut cara mengolah makanan yang benar.

  1. Selalu pilih bahan makanan sehat yang segar.
  2. Cuci makanan dengan air bersih yang mengalir.
  3. Cucilah tangan dengan bersih sebelum memasak.
  4. Pakai pakaian bersih, tutup kepala serta kuku pendek tanpa cincin.
  5. Masak dengan api yang cukup agar makanan matang sempurna.
  6. Jangan melulu menggoreng makanan, imbangi dengan merebus dan metode masak lainnya.
  7. Pastikan alat memasak bersih dan higienis.
  8. Selalu simpan makanan di tempat yang bersih.

Dengan memperhatikan segala informasi di atas, maka Anda pasti bisa menyajikan makanan sehat untuk anak yang benar-benar bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sehat.

Post Comment