7 Masakan Resep Dari Ayam

7 Masakan Resep Dari Ayam

resep-masakan-ayam-bumbu-kecap

Anda tentu akrab dengan ayam, kan. Apalagi masakan yang bahan utamanya dari ayam, wah berbicara ayam pikiran kita sudah melegit lezat. Tapi anda tentu bosan dengan bahan makanan ayam yang itu-itu saja, bukan? Apalagi dengan masakan ayam yang hanya digoreng, rasa bosan tentu ada ketika tenggorokan anda kering. Masakan berminyak juga membuat tubuh kita digerogoti penyakit kolestrol. Kali ini saya sudah merangkum 7 resep masakan dari ayam. Yuk, simak ya guys!

  1. Ayam penyet

Masakan ayam jenis ini berasal dari daerah Jawa Timur. Berikut cara membuatnya, siapkan ayam kemudian goreng hingga matang kecokelatan. Setelah itu, buatlah sambal dengan bumbu-bumbu sesuai selera, jika sambal sudah jadi maka campurlah dengan ayam yang sudah digoreng. Ayam tersebut ditekan-tekan hingga sambal meresap kedalamnya, dan pedas manisnya dapat sesuai selera.

  1. Ayam Pelecing

Masakan ayam pelecing ini hampir sama dengan ayam masak pedas. Hanya saja, masakan ini khas daerah Lombok, dimasak atau digoreng dengan campuran sambal pedas hingga bumbu benar-benar meresap kedalam daging ayam. Biasanya, masakan ayam pelecing ini disajikan bersama pelecing kangkung atau rebusan kangkung yang dicampuri sambal pedas.

  1. Ayam bakar

Apapun bisa dibakar termasuk ayam, masakan jenis ini tidak membuat penggemarnya bosan. Seperti biasa, siapkan api menyala dan biarkan asapnya kemudian bakarlah ayam, sesekali olesi kecap dan saos pedas atau manis sesuai selera atau margarin agar gurih. Matangnya nanti jika sudah berwarna cokelat hingga menghitam.

  1. Ayam opor

Masakan ini sudah sering anda temui, berbumbu santan kental dan dicampur dengan bumbu kunyit yang sudah dihaluskan sebagai pewarna kuning masakan. Kemudian bahan-bahan lain seperti lengkuas, bawang merah dan putih, kemiri, cabai rawit dan cabai merah, dan bumbu pelengkap masakan. Masaklah bersama bumbu hingga matang.

  1. Ayam betutu

Masakan ini berasal dari daerah Bali. Dimasak dengan menggunakan kuali dan membutuhkan waktu yang lama.

  1. Mie ayam

Anda pasti tahu makanan ini, makanan cepat saji yang seringkali disantap dipinggir jalan. Masakan ayam ini dipotong kecil-kecil lalu dicampur dengan mie dan kuah yang berbumbu dengan rasa yang beragam. Harganya juga terjangkau.

  1. Sate Ayam

Makanan yang ditusuk-tusuk lumuri bumbu dan dibakar. Cara buatnya sama dengan ayam bakar, hanya saja sate ini dipotong sekitar tiga senti. Proses pembakaran daging ayam ini memerlukan waktu yang singkat. Setelah selesai barulah dilumuri bumbu kacang.

Dicoba ya, Guys..!

Post Comment