Apa Itu Google Sandbox dan Penyebabnya?

Apa Itu Google Sandbox dan Penyebabnya?

Apa Itu Google Sandbox dan Penyebabnya?

Assalamu'alaikum, sobat blogger. Bagaimana kabar sobat? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini Admin mencoba membagikan mengenai pengertian Google Sandbox dan penyebabnya.

Google Sandbox
Google Sandbox


Apa sih Google Sandbox itu?
Google Sandbox dapat diartikan sebagai kotak pasir (sand box), maksudnya adalah sebuah hukuman atau penalty yang diberikan Google kepada sebuah website atau blog, dimana website atau blog tersebut yang terkena Google Sandbox akan dibuang atau hilang dari index atau mesin pencari Google untuk beberapa waktu.

Bila sobat pernah merasakan seperti hal diatas, contohnya jika blog sobat tidak ditemukan dihalaman berapa pun pada mesin pencari Google, itu tandanya blog sobat sudah terkena penalty Google Sandbox, dan ini berdampak negatif juga terhadap blog sobat sendiri, bisa dengan menurunnya trafik blog ataupun hal-hal negatif lainnya.
 
Apa sih yang menyebabkan Website atau Blog terkena Google Sandbox?

Suatu website atau blog yang terkena penalty Google Sandbox tentunya ada memiliki penyebab tertentu. Nah, apa saja sih penyebabnya? berikut diantaranya.

1. Optimasi SEO yang terlalu berlebihan 'Over Optimization'
Inilah penyebab utama mengapa sebuah website atau blog terkena penaly Google Sandbox, karena terlalu semangat untuk membuat blog berada pada halaman pertama di Google, jadi optimasi SEO-nya jadi terlalu berlebihan. Contohnya saja jika kita berlebihan dalam mencari backlink ke blog kita, dan contoh lain jika terlalu banyak melakukan PING secara otomatis, tentunya ini akan dianggap SPAM oleh Google dan mengancam blog kita berada dalam Google Sandbox.

2. Banyak Artikel atau Posting hasil Copy Paste (Copas)
Pastinya sobat sudah tau sendiri kan, bagaimana resikonya jika artikel pada blog kita terlalu banyak hasil copy pastenya dibanding dengan artikel murni atau hasil tulisan sendiri. Google tentunya lebih menyukai artikel dari hasil tangan sendiri dibanding dengan cara menyalin tulisan orang lain. Sehingga konten yang dianggap hasil duplikasi oleh Google kemungkinan akan masuk kedalam Google Sandbox.

3. Terlalu sering mengulang keyword atau kata yang sama
Mungkin ini adalah penyebab yang tidak banyak diketahui oleh kebanyakan blogger. Mengapa? kok bisa? Pengulangan keyword atau kata yang sama dalam sebuah postingan jika dilakukan secara berlebihan tidak disukai oleh Google karena bisa mengakibatkan blog kita dianggap spam oleh Google.

Lalu bagaimana cara mengatasi blog yang terkena Google Sandbox?
1. Hentikan untuk sementara waktu optimasi terhadap halaman blog yang terkena Google Sandbox.
2. Edit atau perbaiki Artikel yang terkena Google Sandbox.
3. Usahakan membuat posting tentang Google Sandbox.
4. Submit ulang sitemap blog sobat ke Google Webmaster Tools.
5. Lakukan PING seperlunya saja, jangan terlalu berlebihan.

Demikianlah posting mengenai Google Sandbox,
Semoga bermanfaat.

Post Comment