Bagaimana Memilih Niche Blog Dengan Benar ? Ini Jawabannya

Bagaimana Memilih Niche Blog Dengan Benar ? Ini Jawabannya

Bagaimana Memilih Niche Blog Dengan Benar ? Ini Jawabannya

Bagaimana Memilih Niche Blog Dengan Benar ? Ini Jawabannya
Contoh gambar niche blog

Sebelum memilih niche blog sebaiknya terlebih dahulu anda haru mengetahui apa yang dimaksud dengan niche blog. Niche blog adalah sebuah blog yang membahas satu topik tertentu dan tidak membahas beragam topik.

Intinya, sebaiknya blog Anda harus mempunyai satu topik saja. Jika seandainya blog Anda membahas handphone maka Anda akan membuat sebuah artikel yang mengenai handphone.

Jangan membahas yang lain karena google menyukai blog yang mempunyai satu topik pembahasan saja.

Blog yang memiliki satu niche atau satu pembahasan akan mempunyai pengunjung tersendiri, dan umumnya lebih mudah untuk mendapatkan visitor tertarget di bandingkan dengan blog yang umum.

Berhubungan dengan niche blog, sebelum Anda membuat sebuah blog sebaiknya anda menentukan niche blog Anda.

Menurut John James Robinson dalam ebooknya The Authority Site Adsense Guide, niche blog terbagi menjadi empat jenis yaitu :

1. Whole Niche
Whole niche adalah blog yang membahas seluruh jangkauan topik. Misalnya, Anda memilih topik rumah.

Cakupan rumah yang Anda bahas menyeluruh, mulai dari rumah bagian luar sampai bagian dalam. Dengan model niche seperti ini blog Anda bisa memiliki ribuan artikel.

2. Broad Niche
Broad niche adalah blog yang cakupan topiknya luas, namun tidak menyeluruh. Jika Anda memilih topik rumah, model blog ini membahas tentang bagaimana mempercantik rumah.

3. Themed Niche
Themed niche adalah blog yang pembahasan topiknya sudah mengarah ke satu bidang. Misalnya, topik Anda adalah rumah, maka pembahasan Anda hanya menyangkut dapur saja.

4. Micro Niche
Micro niche adalah blog yang cakupan topiknya sangat sempit. Misalnya, jika Anda memilih topik rumah, cakupan model ini hanya membahas kabinet – kabinet dapur saja.

Persiapan Memilih Niche Blog

Langkah awal dalam membuat sebuah blog adalah menentukan niche blog. Dalam menentukan sebuah niche sebaiknya pilih niche yang anda kuasai bukan niche populer.

Karena percuma anda membuat blog dengan niche yang populer tetapi anda kurang menguasai niche tersebut. Sehingga anda kesulitan dalam membuat sebuah artikel blog anda.

Misalnya anda memilih niche blog anda tentang tutorial blog sedangkan anda sendiri kurang menguasai niche tersebut. Sehingga blog anda menjadi berantakan.

Cara menentukan niche yang anda kuasai sebaiknya coba anda pikirkan apa yang anda sukai misalnya gitar atau yang anda kuasai misalnya komputer.

Dari dua konsep diatas selanjutnya anda menentukan yang mana akan anda gunakan pada blog baru anda. Apaka niche dengan gitar atau komputer?

Jika anda memilih salah satu dari dua niche blog diatas maka anda tidak kesulitan dalam membuat sebuah artikel karena niche tersebut sudah anda kuasai.

Sebagai contoh jika anda menguasai tentang komputer, anda bisa memilih niche tersebut di blog baru anda. Dan anda bisa membuat sebuah artikel tentang niche tersebut misalnya cara merawat komputer dengan baik.

Niche blog yang ramai digunakan saat ini yaitu :

  1. Tentang kesehatan
  2. Tentang resep makanan
  3. Tentang alat – alat rumah tangga
  4. Tentang fashion
  5. Tentang dunia pendidikan
  6. Tentang berita
  7. Dan lain – lain

Kesimpulan :

Sebaiknya Anda pilih niche blog yang benar – benar anda kuasai supaya Anda tidak kesulitan dalam menemukan ide untuk membuat sebuah artikel.

Bahaslah satu topik saja dalam blog Anda karena google menyukai blog dengan satu topik. Blog Anda juga di nilai sebagai blog yang profesional.

Fokus dan konsisten dengan nihce blog anda, jangan mudah terpengaruh dengan yang lain.
Copyright : http://panduanblogdanseo.blogspot.com/

Post Comment