Beragam Keunggulan Susu Kedelai Dan Susu Sapi Murni

Beragam Keunggulan  Susu Kedelai Dan Susu Sapi Murni

susu-kacang-kedelai

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang sekarang tidak hanya berasal dari kelenjar susu binatang mamalia seperti sapi dan kambing namun sekarang ada juga jenis minuman susu yang berasal dari tanaman seperti kedelai. sebagian orang yang memliki alergi terhadap susu sapi mereka memlih beralih untuk mengonsumsi susu kedelai karena nilai gizi di susu kedelai tidak kalah dengan nilai gizi di susu sapi, berikut beragam keunggulan yang terdapat pada susu kedelai dan susu sapi murni.

Keunggulan Susu Kedelai

Susu kedelai sangat bermamfaat bagi kesehatan karena susu kedelai memiliki protein yang tinggi sebab terbuat dari kacang yang mengandung serat jauh lebih baik dari susu sapi murni.

Susu kedelai memiliki mamfaat terbesar yang biasa di sebut Isoflavon, isoflavon adalah bahan kimia yang mirip dengan hormon estrogen. Isoflavon berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit kangker, osteoporosis dan penyakit jantung.

Tidak hanya berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit, ternyata susu kedelai juga memiliki lemak 2 persen lebih sedikit dari susu sapi dan 9 kali lebih sedikit lemak jenuh serta 10 kali lebih banyak asam lemak ketimbang susu sapi sehingga bebas dari kolestrol  jahat. Susu kedelai juga mengandung banyak vitamin seperti Thiamin (Vitamin B1) yang 4 kali lebih banyak dari susu sapi dan mengandung Niasin (Vitamin B3) yang hampir 2 kali lipat dibandingkan susu sapi.

Keunggulan Susu Sapi murni

Karena Susu sapi mengalami sebuah proses yang disebut pasteurisasi, yaitu proses di mana susu dipanaskan supaya bisa membunuh bakteri, enzim serta bakteri yang tak menguntungkan.

Susu merupakan sumber kalsium terbaik karena memiliki 22 asam amino esensial termasuk fosfat yang penting untuk penyerapan kalsium

Susu sapi juga memiliki sumber vitamin, khususnya vitamin B12, yang merupakan vitamin penting yang sulit ditemukan dari jenis susu sapi non-daging. Dan juga berisi enzim IgG (Immunoglobulin), vitamin A, B, dan C.

Penelitian juga menunjukkan bahwa susu sapi perah juga mengandung enzim dan antibodi yang benar-benar membuat susu kurang rentan terhadap bakteri. Lipase juga hadir yang membantu pencernaan lemak.

Adapun mamfaat terbesar dari susu sapi murni adalah karena susu sapi murni mengandung CLA (conjugated linoleic acid) atau asam linoleat terkonjugasi, yang terbukti bisa melaman penyakit kangker seperti hanya mamfaat susu kedelai.

Itulah tadi beberapa mamfaat keunggulan susu kedelai dan susu sapi murni, dengan banyaknya mamfaat dari susu tersebut maka dengan mudahnya kita menemukan orang yang jual susu kedelai dan susu sapi murni di sekitar kita.

 

Post Comment