Cara Mengurangi Ukuran Sebuah Video

Cara Mengurangi Ukuran Sebuah Video

Cara Mengurangi Ukuran Sebuah Video

Video editing adalah sebuah pekerjaan untuk melakukan manipulasi video file dengan sebuah software video editing yang diharapkan bisa mengedit isi video sesuai dengan keinginan editor itu sendiri. Apakah hanya merubah format video, mengisi video dengan run teks ataupun mengisi audio format di dalamnya. Biasanya pekerjaan ini dilakukan oleh para profesional yang bekerja sebagai video editor di sebuah perusahaan video editor. Format extension video juga bermacam macam, diantaranya adalah : .mpeg,.avi,.mp4,.wemp,.wmv,.flv,.3gp,,MOV dan lain lain.
Masing masing extension berfungsi sebagai tanda pengenal untuk software yang menjalankan video. Jika software mengenal semua extension video format, maka software itu bisa menjalankan file video didalamnya. Kali ini, penulis ingin memberikan tutorial tentang, ” Cara Mengurangi Ukuran / Size Video “dari ukuran besar ke ukuran kecil. Bagaimana caranya ? Jawabannya adalah mudah.
Langkah pertama adalah PC or Laptop anda harus terinstall sebuah software untuk konversi video dari format sebelumnya ke format yang lain sehingga ukuran video lebih kecil dari sebelumnya. Salah satu software editing ini adalah Freemake Video Converter. Jika belum terinstall silakan download disini, gratis.
Yang kedua, setelah terinstall dengan benar, jalankan programnya, dan akan terlihat interface nya seperti terlihat pada gambar dibawah :

Kebetulan gambar diatas versi 3.1.2 sedangkan versi terbaru sekarang ketika posting ini diterbitkan adalah versi 4.1.6. Pada gambar bagian atas terlihat ada tombol Video, Audio, DVD, Photo dan Paste URL. Sedangkan bagian bawah terlihat icon dengan tulisan to AVI, to WM, to Apple, to DVD, to MPEG, to MP4 dan to MP3. Menu bagian atas adalah menu untuk mencari format file anda di hard drive yang akan di koversikan. Sedangkan menu di bagian bawah adalah tujuan format untuk konversi file sesuai tujuan anda.

Contoh kasus, anda memiliki sebuah file video dengan format .MOV dengan ukuran file sebesar 137 MByte, dan akan dirubah menjadi format .AVI. Biasanya, video yang diambil dari kamera berukuran besar, dan berpotensi terjadi pemborosan pada penyimpanan file di hardisk. Adapun langkah langkah untuk mengurangi ukuran file video tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama, klik pada tombol Video dibagian atas, kemudian  setelah file ditemukan dan masuk ke dalam list, klik pada menu bagian bawah yang ada teks to AVI. Nah, penulis pernah melakukan percobaan merubah format .MOV ukuran 137 MegaByte ke format AVI, alhasil ukuran video nya berubah menjadi 21 MegaByte.

Sangat menakjubkan bukan ? Hal ini bisa menghemat hardisk, menghemat biaya upload ke youtube, dll. Memang, dari sisi kualitas gambar agak sedikit berbeda dari file aslinya. Tetapi tidak merubah kualitas gambar yang ada di dalam video. Silahkan anda coba di manapun anda berada. 

Post Comment