Cara Mudah Mengambil Screenshot Website Full Page

Cara Mudah Mengambil Screenshot Website Full Page

Cara Mudah Mengambil Screenshot Website Full Page

Mengambil Screenshot Website Full Page biasanya dilakukan oleh seorang Blogger pembuat template. Seperti pada template ZigaSEO yang saya buat, saya menampilkan satu halaman penuh pada blog tersebut.

Halaman website yang di screenshot biasanya hanya bisa diambil yang ada pada layar monitor, disini saya akan berbagi tutorial cara mengambil screenshot satu halaman penuh pada sebuah website. Cara ini bisa Anda lakukan di browser chrome ataupun di firefox.
Ukuran gambar yang diambil sangatlah besar karena resolusi gambar yang diambil adalah asli, jadi ketika Anda akan menggunakan gambar tersebut maka pastikan ukurannya terlebih dahulu ya sob.
Untuk mengambil screenshot satu halaman penuh dalam sebuah website, Anda memerlukan Awesome Screenshot. Awesome Screenshot adalah extension browser yang biasa digunakan untuk meng-capture halaman website baik itu sebagian halaman maupun satu halaman penuh.
Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengikuti panduan tentang cara mengambil screenshot halaman website di bawah ini ;
1. Silahkan download dan install extension untuk browser melalui link berikut ; chrome atau firefox.
2. Jika sudah berhasil terinstall, maka akan ada logo awesome screenshot berbentu lensa kamera di pojok kanan atas browser Anda (Tanda panah pada gambar). Pada contoh kali ini saya menggunakan browser chrome.

3. Kemudian Anda buka halaman website yang mau Anda ambil screenshotnya. Setalah halaman terbuka klik icon awesome screenshot.

4. Langkah selanjutnya, lalu Anda pilih mode pengambilan layar, apakah sebagian layar atau keseluruhan halaman layar. Awesome screenshot menyediakan tiga shortcut;
  1. CTRL + SHIFT + V : untuk mengambil bagian halaman website yang terlihat.
  2. CTRL + SHIFT + S : untuk mengambil area halaman website yang dipilih.
  3. CTRL + SHIFT + E : untuk mengambil keseluruhan halaman.
5. Sebagai contoh disini saya akan mengambil gambar aak-share.com dengan mode pengambilan layar secara keseluruhan. Setelah metode pengambilan layar di klik, maka hasil pengambilan gambar akan terbuka di tab baru. 
Halaman tersebut merupakan halaman simple editing yang disertai dengan tombol Done. Klik tombol Done untuk menuju pilihan penyimpanan.
6. Untuk menyimpan ke komputer atau laptop Anda klik tombol Save image as a file (tanda panah merah pada gambar).
7. Mengingat ukuran gambar yang besar, jika proses penyimpanan terlalu lama Anda bisa memilih untuk menshare-nya di Awesome Screensot dengan cara mengeklik tombol Temporary, Permanently atau Google Drive (tanda panah merah). Dengan memilih metode penyimpanan online tersebut, maka Anda akan mendapatkan link dari gambar tersebut dan kemudian bisa mendownloadnya.
8. Berikur hasil dari captur dari Awesome Screensot, dimensi pada gambar ini 500 x 824 dan ukurannya 664 kb.
Perlu Anda ingat, sebelum menggunakannya gambar tersebut pastikan terlebih dahulu ukurannya. Cukup sekian tutorial cara mengambil screenshot Website Full Page dan semoga bermanfaat.

Post Comment