Fakta Seputar Penyakit Tipes

Fakta Seputar Penyakit Tipes

tipes

Penyakit typhoid atau yang dikenal dengan sebutan tipes merupakan penyakit yang menyerang usus halus penderitanya. Dengan kata lain, penderita tipes mengalami iritasi pada bagian usus halus tersebut. Tipes dikenal pula sebagai penyakit yang rentan menyerang anak-anak, namun sebenarnya tidak selalu begitu. Kurangnya pemahaman mengenai penyebab dan gejala sakit tipes menyebabkan banyaknya orang yang terkena tipes. Tidak ingin membiarkan Anda berkelut dengan ketidaktahuan, berikut kami rangkum secara sederhana fakta seputar penyakit tipes.

  1. Tipes Tidak Serta-Merta Disebabkan oleh Mi Instan

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri bernama salmonela yang tercampur dalam makanan dan minuman. Bakteri ini biasanya disebarkan oleh serangga seperti lalat dan kecoa ditambah dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jadi mi instan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan penyakit ini.

Hanya saja, mengonsumsi makanan instan yang berlebihan memang tidak baik. Bukan hanya mi instan sebenarnya, namun semua hal yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik. Jadi lakukan dan makanlah dengan seimbang serta rajin menjaga kebersihan seperti mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan.

  1. Tipes Bukanlah Sebuah Gejala

Tipes sebenarnya bukanlah sebuah gejala melainkan sebuah penyakit. Anda harus benar-benar memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui gejala-gejala tipes tersebut. Gejala sakit tipes yang umum terjadi seperti demam, sakit perut, mual, muntah, denyut nadi melambat, perubahan pola BAB dan lidah berwarna putih.

  1. Penderita Tipes Tidak Harus Makan Bubur

Entah itu bubur maupun nasi, keduanya sama-sama akan berbentuk cair ketika makanan tersebut sampai di usus halus karena proses pencernaan seperti mengunyah, proses dalam lambung dan kemudian ke usus halus. Jadi, faktanya penderita tipes tidak mempunyai pantangan terhadap makanan yang tidak lembek.

  1. Tipes Dapat Menular

Segolongan orang yang pernah menderita tipes berpotensi untuk menularkan penyakit tipes walaupun orang tersebut terlihat sehat. Bakteri penyebab tipes mungkin saja masih ada di dalam mulutnya atau di dalam kantong empedu mantan penderitanya. Jadi, ada kemungkinan penyakit ini ditularkan.

Demikianlah fakta seputar penyakit tipes yang harus Anda ketahui untuk meluruskan sebagian anggapan masyarakat yang sedikit keliru. Semoga bermanfaat.

Post Comment