Hati-hati! Terhadap Aplikasi Palsu Prisma di Google Play

Hati-hati! Terhadap Aplikasi Palsu Prisma di Google Play

Hati-hati! Terhadap Aplikasi Palsu Prisma di Google Play

Hati-hati! Aplikasi Prisma Palsu Beredar di Google Play – Prisma adalah sebuah aplikasi yang telah memenangkan dalam beberapa pekan terakhir publisitas yang signifikan. Alat ini memungkinkan Anda menerapkan efek khusus pada gambar, yang benar-benar mengubah sebuah foto. Awalnya, perangkat lunak ini hanya tersedia untuk iOS, tetapi baru-baru ini telah merambah ke Android.

Tapi kini di Google Play terdapat aplikasi prisma palsu, mereka mencoba menipu pengguna. Menurut ESET, aplikasi palsu telah diunduh sebanyak lebih dari 1,5 juta kali. Beberapa salinan berisi virus, termasuk Trojan.

Analisis aplikasi palsu mengungkapkan bahwa sebagian besar dari mereka tidak menawarkan fungsi editing bahkan foto. Sebaliknya, pengguna dibombardir dengan iklan-iklan, survei dan bentuk menekan untuk memberikan informasi pribadi. Kadang-kadang pengguna juga yakin bahwa perangkat nya terinfeksi.

Perangkat aplikasi yang terinfeksi

Aplikasi palsu berbahaya Prisma diidentifikasi sebagai Trojan. ESET menjelaskan bahwa kegiatan mereka tidak terlihat oleh pengguna karena berkomunikasinya melalui server dari jauh. Kadang-kadang mereka didakwa ada modul tambahan, mencuri perangkat data sensitif (nomor telepon, nama operator, negara asal, bahasa yang digunakan, dll).

Trojan memiliki fungsi phishing, menampilkan informasi tentang update ke Android 6.0 Marshmallow. Apabila kita diminta mengklik link yang di mana kita harus memasukkan informasi login ke Akun Google. Pada titik ini, ia akan menyampaikan informasi tersebut ke tangan penjahat cyber.

Apa yang harus dilakukan untuk tidak mendapatkan aplikasi palsu? Pertama-tama, Anda harus memeriksa produsen dan pengguna, dengan fokus terutama pada hal-hal yang negatif. Hal ini juga dapat berubah menjadi perangkat lunak anti-virus yang menghalangi virus.

Post Comment