Jajakan Nostalgia, Nokia Kembali Luncurkan 3310

Jajakan Nostalgia, Nokia Kembali Luncurkan 3310

Perhatian dunia kembali tertuju pada produsen raksasa telepon seluler Nokia. Setelah sempat terpuruk dari hantaman persaingan industri telekomunikasi internasional, salah satu produsen ponsel mendunia asal Finlandia ini kembali unjuk gigi.

Tepat pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, Nokia memperkenalkan produk teranyarnya dengan seri 3310. Ponsel ini memang merupakan bentuk baru dari 3310 yang tercatat sebagai ponsel paling laku pada tahun awal tahun 2000-an. Sengaja mengandalkan nostalgia, Nokia berhasil menarik jutaan mata pada produknya kali ini.

Jika kamu adalah salah satu pengguna 3310 pada tahun-tahun awal kemunculannya, tentu kamu tahu betul apa saja yang unik dari ponsel ini. Body tebal, layar berukuran 1,5 inci dengan resolusi 84×84 pixel serta warna layar monokrom adalah beberapa hal yang menjadi ciri khas ponsel ‘sejuta umat’ ini.

nokia 3310(sumber : Flickr.com)

Kamu dahulu hanya membutuhkan pulsa untuk bisa menjalankan aktivitas di ponsel ini. Mengirim pesan singkat atau melakukan panggilan telepon berjam-jam lamanya, tidak jadi masalah jika dilakukan dengan Nokia 3310 versi lama. Pasalnya, dengan kapasitas baterai yang dimilikinya, Nokia 3310 mampu mendukung ketahanan berbicara hingga satu hari penuh.

Pada versi terbarunya kali ini, Nokia tetap membenamkan beberapa fitur serupa, namun dengan tampilan yang lebih modern. Meski tidak semua fitur kembali diletakkan pada Nokia 3310 versi 2017, ponsel ini ternyata tetap mendapatkan animo positif dari masyarakat dunia.

Seperti apa keunikan baru dari ponsel yang pernah fenomenal ini? Ayo, baca ulasannya:

a. Tampilan
Konsep kekinian sangat kental terlihat pada ponsel 3310 versi 2017. Kamu bisa melihat warna-warna kontras, seperti merah, kuning, putih, biru tua dan abu-abu yang diterapkan sebagai dominasi Sayangnya, ponsel ini menggunakan material plastik berbahan glossy sebagai bahan utama body. Sehingga, bobot ponsel jauh lebih ringan dibandingkan Nokia 3310 versi lama.

Nokia terdahulu memiliki dimensi 113 x 48 x 22 mm dengan bobot 133 gram, namun Nokia modern hadir dengan dimensi 115,6 x 51 x 12,8 mm dengan bobot hanya 79,6 gram. Dimensi yang lebih presisi membuat ponsel ini lebih nyaman untuk digenggam dibandingkan versi terdahulunya.

Serupa dengan versi lampaunya, Nokia tetap menggunakan keypad yang memenuhi hampir setengah body depan ponsel ini. Keypad dengan warna putih menjadi daya tarik tersendiri di tengah maraknya ponsel pintar berlayar sentuh yang sudah meninggalkan penggunaannya.

3310(sumber : Reuters/Paul Hanna – kumparan.com)

b. Jaringan
Banyak pihak mengharapkan Nokia mendukung jaringan teranyar saat ini, namun nyatanya, Nokia tidak menerapkan harapan tersebut pada Nokia 3310 versi modern. Tidak mau sama dengan ponsel pintar kebanyakan, Nokia ternyata hanya membenamkan jaringan berkekuatan 2,5G pada ponsel ini.

Sungguh disayangkan memang jika kamu ingin menggunakan ponsel ini untuk berbagai aktivitas dengan penggunaan paket internet. Meski begitu, kamu bisa mengirit pengeluaran bulananmu dengan tidak membeli paket data internet dari operator kesayanganmu, karena kamu hanya bisa melakukan panggilan telepon dan mengirimkan pesan dengan ponsel Nokia ini.

Dengan begitu, kamu hanya perlu mengisi saldo dan kembali menikmati pengalaman berkomunikasi tanpa melibatkan teknologi yang ada saat ini. Jika kamu membutuhkan pembelian saldo dalam waktu cepat, kamu bisa membeli pulsa dari situs Traveloka. Berbagai pulsa all operator bisa kamu dapatkan di situs web ini.

c. Permainan
Kamu tentu kenal dengan permainan fenomenal Snake milik Nokia. Jika kamu rindu akan permainan ini, maka kamu bisa kembali menemukannya pada 3310 versi terbaru.Meski memiliki nama yang sama, permainan Snake kali ini ditampilkan dalam versi yang jauh lebih modern. Efek digital terasa kental saat kamu memainkan permainan lawas ini.

d. Fitur baru
Ingin menyejajarkan diri dengan perubahan zaman, Nokia memberikan beberapa fitur baru pada 3310 versi modern. Fitur-fitur ini tidak pernah ada sebelumnya di 3310 terdahulu, dan membuatnya sebagai pelengkap yang dinamis bagi 3310 versi 2017.Meski hanya menggunakan jaringan 2,5G, Nokia ternyata memberikan konektivitas lainnya berupa Bluetooth 3.0 yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer data digital. Tak hanya itu, adapula fitur radio yang bisa membuat ponsel ini jauh lebih ‘seru’ dibandingkan pendahulunya. Fitur ini juga tidak membutuhkan paket internet untuk menjalankannya.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan kamera tunggal berdaya 2MP pada ponsel ini. Itulah mengapa, ada juga slot MicroSD pada bagian dalam ponsel, yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan banyak data foto atau kontak.

Nah, itulah sekilas rincian tentang Nokia 3310 versi 2107. Bagi kamu yang membutuhkan ponsel tambahan, Nokia terbaru dengan harga Rp700 ribu ini layak untuk kamu pertimbangkan penggunaannya. Jadi, mau beli atau tidak?

 

Post Comment