Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Allah swt?

Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Allah swt?

Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Allah swt?

Kita hidup didunia ini merupakan tanda dari kebesaran Allah swt. Allah menciptakan kita dengan sifatnya yang Maha Pencipta. Kita diberi segala kenikmatan oleh Allah swt, Kita diberi nikmat hidup, nikmat umur, nikmat sehat, nikmat rezeki, dan berbagai nikmat lainnya yang Allah berikan kepada kita. Bahkan kita tidak dapat menghitung berapa nikmat yang Allah beri kepada kita. Namun, pernahkah terlintas dalam pikiran kita bahwa semua kenikmatan yang Allah berikan kepada kita itu merupakan pemberian-Nya kepada kita supaya kita bersyukur kepada-Nya.
 
Allah swt. berfirman:
“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku” (Q.S. Al-Baqarah:152)

Kita hendaknya menyadari sepenuhnya bahwa semua nikmat yang kita peroleh, baik besar maupun kecil, banyak maupun sedikit, itu semua merupakan anugerah dan rahmat yang datangnya dari Allah swt semata.

Allah swt. berfirman:
“Segala nikmat yang ada pada diri kalian (datangnya) dari Allah.” (Q.S. An-Nahl:53)

Kita yang setiap hari masih bisa makan, masih bisa merasakan indahnya hidup bersama keluarga, teman, serta kerabat kita. Kita sebagai makhluk hidup didunia ini pantaslah senantiasa bersyukur terhadap nikmat-nikmat Allah swt. Karena rasa syukur akan membuat hidup kita menjadi berkah, karena rasa syukur juga dapat membuat hidup kita menjadi nyaman, tenteram, dan damai. Rasa syukur dalam diri kita membuat kita semakin dekat kepada Allah swt dan semakin bertambah cinta kita kepada-Nya.

Bersyukur Kepada Allah swt
Bersyukur Kepada Allah swt

Bagaimana cara kita bersyukur kepada Allah swt? salah satu bentuk syukur kita adalah dengan membaca kalimat “Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin“. Namun, semudah itukah kita menyebut kalimat tersebut? Ketika seseorang telah yakin bahwa semua nikmat yang ia peroleh itu datangnya dari Allah, karena begitu besar rasa syukur yang ada pada dirinya, maka spontan ia akan mengucap kalimat “Alhamdulillah“. Bahkan, ketika kita hendak memuji seseorang karena kebaikannya, maka hakikat pujian tersebut harus semata-mata tertuju kepada Allah swt. Sebab, Allah adalah Pemilik Segala Kebaikan.

Selain bersyukur secara lisan, kita juga dapat mensyukuri nikmat Allah dengan beribadah kepada-Nya dengan keimanan dan ketaqwaan yang ada dalam diri kita. Amal kebaikan kita juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt. Misalnya ketika kita mendapat kenikmatan oleh Allah berupa nikmat sehat, hendaknya kita bersyukur dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Kemudian jika kita mendapat nikmat rezeki berupa harta kekayaan dan lain sebagainya, hendaknya kita membagikan sebagian harta kita terhadap orang lain yang membutuhkan. Itulah contoh rasa syukur kita kepada Allah swt.

Oleh sebab itu, marilah kita tingkatkan rasa syukur kita kepada Allah swt, itu semua dapat dilakukan dengan melaksanakan perintah Allah, dengan meningkatkan ibadah Shalat kita, membaca qur'an, berdzikir dan berdo'a kepada Allah, dan lain sebagainya. Selain itu juga hendaknya kita menjauhi segala larangan-larangan Allah dan perbuatan yang merusak iman kita, seperti berbuat maksiat, munafiq, ingkar, dan melakukan perbuatan syirik kepada Allah swt. Na'udzubillahi min dzaalik.

Allah swt. berfirman:
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sungguh adzab-Ku amat pedih,” (Q.S. Ibrahim:7)

Wallahu a'lam bishawwab.

Post Comment