Mengenal Alergi Kulit, Pemicu, dan Cara untuk Menanganinya!

Mengenal Alergi Kulit, Pemicu, dan Cara untuk Menanganinya!

Alergi bisa datang kapan saja dalam bentuk apa saja, seperti alergi terhadap makanan tertentu. Namun salah satu dari jenis alergi yang sangat mengganggu adalah alergi kulit. Alergi ini biasanya terjadi jika Anda memiliki kulit yang sensitif, bahkan lebih daripada orang biasa. Namun kadang orang tak sadar bahwa ini adalah reaksi alergi, dan mencoba menghilangkannya dengan metode pengobatan biasa. Makanya, Anda harus mengenal masalah alergi anak dengan baik.

alergi-kulit

Apa yang membuat alergi terhadap kulit ini bisa muncul? Pemicunya adalah hal-hal berikut ini, yang sekilas terdengar sepele, tapi ternyata sangat mengganggu:

  • Kosmetik berperan sangat besar dalam membuat alergi ini menjadi terpicu. Contohnya adalah produk shampo, deodoran, sabun, dan juga alat riasan wajah.
  • Produk untuk pembersih seperti sabun cuci, pembersih lantai, maupun disinfectant.
  • Aksesoris dari bahan logam seperti nickel maupun bahan lain yang bukan dari emas.
  • Lateks atau karet, yang digunakan untuk membuat sarung tangan maupun bentuk-bentuk karet lainnya.
  • Parfum dan semprotan untuk serangga juga akan bisa membuat Anda menjadi gatal-gatal dan kemerahan.
  • Tanaman, apalagi bagian batang, daun, dan juga serbuk sarinya.

Kulit yang alergi akan mengalami gatal-gatal, dan bahkan mengalami syok anafilaktik yang fatal. Jangan sampai hal ini terjadi. Jika terlihat bahwa Anda mengalami alergi kulit, tangani dengan cara ini:

  • Pakai krim atau losion calamin maupun hydrocortisone. Ini akan mengurangi gatal-gatal pada kulit.
  • Segera mandi menggunakan air yang dingin agar ruam yang ada di kulit bisa cepat hilang. Alternatifnya, kompres lah bagian yang gatal tersebut dengan air dingin. Setelah itu keringkan kulit Anda.
  • Ganti baju Anda dengan baju yang bersih dan terbuat dari katun. Pakaian juga harus longgar serta terasa lembut di kulit.

Kalau Anda curiga bahwa gatal-gatal yang Anda alami adalah alergi, maka segeralah bertindak. Mengenal pemahaman alergi lebih dalam akan memberikan kesempatan untuk bisa mengenali alergi ini dengan cepat dan memberikan lebih banyak waktu bagi yang mengalaminya untuk bisa segera bertindak. Konsultasikan dengan dokter Anda lebih dahulu jika Anda ingin menambah obat.

Post Comment