Pengertian Sabar, Macam-Macam Sabar, dan Keutamaan Sabar dalam Islam

Pengertian Sabar, Macam-Macam Sabar, dan Keutamaan Sabar dalam Islam

Pengertian Sabar, Macam-Macam Sabar, dan Keutamaan Sabar dalam Islam

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Apa kabar para pembaca dimana pun berada? Semoga kita semua dalam lindungan Allah swt. Aaamiin. Pada posting ini, admin akan berbagi mengenai pengertian sabar dan keutamaan bagi orang-orang yang memiliki sikap sabar dalam Islam.

Sabar

Pengertian Sabar
Sabar secara bahasa berasal dari kata 'shabara – yashbiru' yang berarti menahan atau mengekang. Sedangkan menurut istilah, sabar memiliki arti menahan diri terhadap cobaan atau segala sesuatu dengan tujuan untuk mengharap ridha dan pahal dari Allah swt semata. Sabar juga dapat diartikan menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya dengan syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menjaga anggota tubuh dari perbuatan dosa atau maksiat.

Allah swt. menyerukan dan memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bersabar dalam menghadapi segala cobaan dan ujian dari-Nya, sebagai bukti kecintaan hamba kepada-Nya. 

Macam-macam Sabar
Sabar dari segi agama dibagi menjadi empat, antara lain:
1. Sabar menjalankan ibadah shalat lima waktu, sebagai kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap orang Islam yang sudah Baligh.
2. Sabar menghadapi cobaan duniawi, artinya sabar menahan hawa nafsu yang selalu menginginkan kemewahan dunia, dan melaksanakannya menurut kemampuan, serta sekaras dengan tuntutan agama.
3. Sabar menjauhi kemaksiatan, yaitu menjauhi segala kemaksiatan yang menggodanya dan tidak mau mengerjakan, meskipun mudah dan enak dirasakan.
4. Sabar atas semua urusan manusia, sehingga tidak mau menandingi atau membalas kejahatan orang lain. Apapun yang dibuat atas dirinya meskipun menyakitkan atau menjengkelkan hati, selalu diterimanya dengan sikapnya yang sabar, bahkan memaafkan orang-orang yang berbuat jahat padanya.

Ciri-ciri orang yang Sabar
berikut ini adalah ciri-ciri orang yang memiliki sikap sabar:
1. Tidak mudah marah
2. Mampu menjaga lisannya dari perkataan kotor
3. Rajin beribadah
4. Suka bersedekah dan menolong orang lain
5. Senantiasa mengalah demi kebaikan
6. Selalu bersyukur kepada nikmat Allah swt.
7. Ikhlas apabila menerima musibah
8. Menyadari bahwa setiap cobaan itu pasti ada hikmah dibaliknya

Pentingnya Sabar
Sabar merupakan salah satu sikap yang sangat kita perlukan, karena dengan adanya sikap sabar dalam diri kita, kita akan mampu menghadapi setiap cobaan dan ujian dari Allah swt. Berikut adalah pentingnya memiliki sikap sabar:
1. Membuat segala permasalahan menjadi mudah, karena yakin bahwa segala sesuatu pasti ada solusinya.
2. Pantang menyerah dalam menghadapi segala permasalahan, karena yakin bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya diluar batas kemampuan seorang manusia.
Allah swt. berfirman:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” (Q.S. Al-Baqarah:286)

3. Semakin dekat dan disayang oleh Allah, karena yakin atas janji Allah bahwa Allah senantiasa bersama orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Baqarah:153)
4. Disayang orang-orang disekitarnya, karena sikap pemaaf dan sabar yang dimilikinya, orang lain akan merasa senang dan nyaman ketika berada didekatnya.

Keutamaan Sabar
1. Mendapatkan pahala yang berlipat oleh Allah swt.
Allah swt. berfirman:

“Sesungguhlah hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S. Az-Zumar:10)

2. Dicintai oleh Allah swt.
Allah swt. berfirman:

“Dan Allah menyukai orang-orang yang Sabar.” (Q.S. Ali-Imran:146)

3. Memperoleh berita yang menyenangkan.
4. Terbebas dari siksa api neraka.
5. Orang yang bersabar senantiasa bersama dengan Allah swt.
Allah swt. berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang Sabar.” (Q.S. Al-Baqarah:153)

Wallahu a'lam wisshawwab, 
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Post Comment