Perbandingan Google Analytic, Statcounter, dan Histats

Perbandingan Google Analytic, Statcounter, dan Histats

Perbandingan Google Analytic, Statcounter, dan Histats

Aktivitas blogging telah merebak di seluruh penjuru dunia. Blog dinamis maupun web statis kedatangan pengunjung dari mesin pencari dan media sosial.  Para blogger memasang tools di website untuk melacak jumlah kunjungan, sumber traffic serta fitur statistik lainnya guna memantau perkembangan situs. Berikut perbandingan Google Analytics, Statcounter, dan Histats yang merupakan aplikasi web yang paling banyak digunakan di Indonesia.
1. Google Analytics 
Software yang sangat berharga khususnya bisnis online dan bagi dunia usaha agar dapat mengimplementasikan perusahaan ke situs web atau aplikasi mobile untuk  mengorganisasikan informasi mengenai pengunjung ke situs dalam rangka mengubah dan menindaklanjuti data ke dalam strategi pemasaran. Setelah instalasi sederhana, Google Analytics mulai menghimpun informasi tentang semua fitur perihal pengunjung ke halaman tertentu, dari informasi geografis dari mana mereka berasal, informasi demografis, seperti usia, ras, jenis kelamin, dll. Mengetahui lebih lanjut mengenai pengunjung dan pelanggan potensial yang memudahkan bagi blogger/publisher/pemasar memanfaatkan informasi yang dikumpulkan melalui Google Analytics ke dalam strategi pemasaran yang efektif. Data disaring dengan sejumlah cara agar pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari. Analytics juga dapat digunakan untuk aplikasi mobile, membiarkan pengembang mengetahui siapa yang menggunakan software mereka dan cara terbaik menjual kepada satu sama lain atau masyarakat umum. Melalui Google Analytics, pemasar dan administrator situs memiliki sekotak peralatan lengkap untuk memilih strategi pemasaran yang efektif. Dengan semua informasi berharga yang Analytics menyediakan, lebih mudah dari sebelumnya bagi perusahaan untuk memasarkan diri dengan baik, mempertahankan pelanggan, menarik konsumen baru, dan menciptakan kesuksesan mereka sendiri di pasar online. 
Jumlah user : 47.500.000 website
2. Statcounter
Sejak didirikan pada tahun 1999, StatCounter telah menyediakan kepada pengguna analisis real-time dan responsif dari situs web mereka melalui sejumlah fitur. Memberikan pemilik blog/perusahaan data yang relevan yang dapat gunakan untuk mengoptimalkan situs dan menargetkan pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan. Setelah proses instalasi yang mudah, para pengguna StatCounter mendapat akses ke toolbox pilihan analitik, seperti kemampuan untuk melacak bagaimana pengunjung mencapai situs mereka, di mana mereka mengunjungi di situs tersebut, dan ke mana mereka pergi setelah itu, selain data geografis dan demografis. Dengan melacak data pengguna, user StatCounter tahu apa yang bekerja di situs web mereka dan apa yang tidak berhasil. Wawasan yang dapat dipakai mengembangkan bisnis sesuai pasar. StatCounter juga membantu proses SEO melalui keyword analysis and entry tracking, data-data berharga yang dapat membantu pengguna merampingkan halaman web dan memaksimalkan kehadiran online. Alat serupa dapat memantau sistem operasi dan browser yang digunakan pengunjung agar manajer situs bisa mencocokkan dengan sistem yang paling relevan dan mempertahankan kelangsungan hidup bisnis. Selain bebas digunakan, StatCounter juga bernilai lebih dalam menawarkan pengguna semua alat dan informasi yang mereka butuhkan untuk menjaga situs web dan bisnis di barisan terdepan.
Jumlah user : 2 jutaan website

3. Histats
Histats
Program analitik gratis yang menyediakan pengguna segala informasi real-time tentang situs web yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja website dan memaksimalkan keuntungan dari pemasangan iklan (Adsense misalnya). Aplikasi Histats memiliki kemampuan memantau pengunjung ke situs web statis maupun blog post  dengan memberikan rincian data untuk ditindaklanjuti, seperti seberapa sering pengunjung tertentu telah bertandang, halaman yang paling populer (views), dan lokasi/negara asal pengunjung (geolocation). Informasi pemasaran yang berharga yang memungkinkan webmaster menyesuaikan strategi. Hitstats juga dapat melacak dan melaporkan efisiensi sebuah kata kunci dengan melaporkan yang paling efektif dan yang tidak, menunjukkan hasil dari optimasi mesin pencari dan jejaring sosial. Memanfaatkan Hitstats juga memaksimalkan pendapatan dolar dari iklan dengan pelacakan iklan yang paling efektif dalam membawa pengunjung baru ke situs.
Jumlah user : 1.049.000 website
Menurut Datanyze Universe, Google Analytics menduduki posisi pertama, Statcounter ke-7, dan Histats ke-11 terbanyak pengguna dari seluruh jumlah website di seluruh dunia.
Google Analytics menguasai sebagian besar negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Jepang dan 220 negara lainnya. Google Analytics adalah yang terkemuka di Top Web 10K, Top Sites 100K, Top Sites 1M dari seluruh web. Google Analytics memiliki cakupan penggunaan yang lebih baik di banyak kategori website. Termasuk Bisnis & Industri, Seni & Hiburan, People & Society, Internet & Telecom dan 242 kategori lain.
StatCounter memiliki cakupan penggunaan yang lebih baik di lebih kategori website. Termasuk Seni & Hiburan, People & Society, Bisnis & Industri, Belanja dan 220 kategori lainnya. StatCounter unggul di sebagian besar negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris Raya, India, Jerman dan 175 negara lain.
Histats memimpin dalam Berita & Media, Komputer & Elektronik, Software, TV & Video. dan 17 kategori lainnya. Histats populer di Indonesia, Italia, Thailand, Brasil dan 28 negara lain.
Kami pernah memakai ketiga aplikasi gratis tersebut. Secara pribadi, GA adalah yang terbaik dan rinciannya paling lengkap namun data harian diperoleh sehari sesudahnya daripada Statcounter dan Histats yang bersifat real-time. Anda akan jatuh cinta pada fitur standar Statcounter meskipun berbayar untuk mendapatkan keseluruhan aplikasi. Histats paling disukai di Indonesia karena tampilannya bersahabat, mudah dipahami pengguna perorangan.
Terima kasih telah membaca perbandingan Google Analytic, Statcounter, dan Histats. Sampai nanti.
sumber : datanyze.com | similartech.com

Post Comment