Pilih Android Kitkat atau Lollipop ? Ini Perbedaanya Dan Fitur Barunya

Pilih Android Kitkat atau Lollipop ? Ini Perbedaanya Dan Fitur Barunya

Pilih Android Kitkat atau Lollipop ? Ini Perbedaanya Dan Fitur Barunya

Saat akan membeli sebuah hp Android salah satu hal yang harus diperhatikan adalah sistem operasinya, jangan sampai di tahun 2015 kamu masih membeli sebuah hp Android dengan sistem operasi JB atau ICS, kenapa? Selain sudah agak tertinggal, Jelly Bean dan ICS juga kini jarang hadir di hp Android high end keluaran terbaru. Lalu harus beli Android apa dong, Kitkat atau Lollipop? Apa beda Lollipop dan Kitkat? Mana yang lebih baik, Kitkat atau Lollipop?  

                                                  Hasil gambar untuk android kitkat dan lollipop
Bila kamu masih bingung menentukan pilihan antara Lollipop atau Kitkat, satu yang harus jadi catatan penting adalah pilihlah hp dengan sistem operasi Android terbaru saat ini yaitu Android 5 alias Lollipop. Jadi kita harus pilih Lollipop dibandingkan Kitkat? Yups benar sekali, karena Lollipop adalah OS Android terbaru dengan berbagai macam keunggulan dan tentunya memiliki kinerja yang lebih dibandingkan dengan Kitkat atau Android sebelumnya. Bila kamu penasaran kenapa harus memilih Lollipop dibandingkan dengan Kitkat, nah berikut ini adalah Perbedaan Kitkat dan Lollipop. 
Layar Screenshot Android 

Tampilan menu yang berbeda antara Lollipop dan Kitkat. Di Lollipop material design terlihat jelas dengan background warna putih sehingga susunan menu lebih jelas terlihat memudahkan kita mencari aplikasi atau game yang diinginkan.  
             
Baterai
Pada versi Lollipop, Google menyertakan optimasi Project Volta dengan janji akan membuat baterai Anda lebih tahan lama. Sayangnya, itu tidak bekerja dengan baik di sebagian banyak perangkat Android. Dalam tes yang dijalankan GSM Arena untuk perangkat Nexus 5 dan LG G3, kedua perangkat tersebut lebih cepat habis baterainya dibanding saat masih menggunakan KitKat. Nexus dan LG G3 merupakan produk yang berada di pasaran dengan OS KitKat dan memiliki daya tahan baterai yang baik. Namun, di beberapa perangkat seperti Moto G (2013 dan 2014), Lollipop memberikan daya tahan baterai yang lebih baik walau tidak signifikan. Untuk itu, bagi Anda yang bisa meng-upgrade ke Lollipop, cobalah cari tahu bagaimana pengalaman perangkat Anda setelah menggunakan Lollipop. 
                                                      

Perbedaan Dari Sisi Level 

Dilihat dari segi level Android lollipop memiliki grade yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Android kitkat. Jika Android lollipop memiliki grade 4.4. jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Kitkat yang memiliki grade 5.0. Oleh sebab itu, tak heran jika Lolipop disebut sebagai Android OS dengan tampilan yang paling cantik, ringan dan menawan. Meski demikian tak banyak produsen yang merilis produk Smartphone mereka dengan Lollipop karena biaya produksinya yang besar sehingga membuat harga jual Smartphone nya juga ikut besar saat berada di tangan konsumen

                                                 

Holo VS Material 

Perbedaan android lollipop dengan Kitkat selanjutnya dapat Anda lihat melalui tampilan antar muka nya. Launcher Holo pertama kali pernah diaplikasikan pada Android 3.0 dan seterusnya hingga ke level OS Kitkat. Sementara lollipop kini hadir dengan nuansa baru dengan kombinasi warna- warna yang menggoda dan lebih cerah. Android dengan OS lollipop dilengkapi dengan   antar muka material design dengan penggunan warna- waran cerah, flat dan terkesan lebih halus jika dibandingkan degan OS Kitkat dan Jelly Bean. Bandingkan dengan Kitkat yang notabene hanya mengadopsi unsur hitam sebagai warna dominan background nya.

                                                     

Kompatibilitas aplikasi

Ini selalu menjadi masalah ketika versi OS baru muncul. Bukan hanya pada Android, hampir di semua OS termasuk desktop. Prinsipnya, aplikasi akan melakukan penyesuaian ketika versi baru OS keluar. Tidak ada cara lain, developer harus mengikuti peraturan Google. Mereka akan mulai sibuk agar aplikasinya bisa digunakan di Lollipop. Sebagai contoh, orang-orang yang menggunakan Xposed framework dan sudah banyak menginstal modul menunda upgrade ke Lollipop karena framework custom tersebut belum benar-benar stabil di Lollipop, belum lagi modul mereka yang harus menyesuaikan ketika Xposed berhasil diintegrasikan ke Lollipop. Ini tentu akan memakan waktu hingga aplikasi atau tools Android stabil di Lollipop. Bila Anda memiliki aplikasi yang sangat penting atau Anda sudah jatuh cinta padanya, tetapi belum kompatibel dengan Lollipop, di sarankan Anda menunda upgrade ke versi Android terbaru

                                                     

Fitur terbaru Android Kitkat 4.4 sebagai berikut :

  1. Sebuah design yang lebih halus dari sebelumnya, meninggkatkan performa dari generasi sebelumnya, dan fitur – fitur baru disematkan.
  2. Aplikasi “Ok Google” telah disematkan, kita tidak usah lagi mengetik hanya mengatakan Ok Googleuntuk memulai pencarian suara, mengirim pesan teks, mendapatkan petunjuk atau bahkan memutar lagu.
  3. Multitasking lebih cepat kinerja sistem untuk semua keseluruhan dengan mengoptimalkan memori dan meningkatkan touchscreen Anda sehingga merespon lebih cepat dan lebih akurat dari versi sebelumnya.
  4. Kita dapat mencetak apapun dengan aplikasi print yang disematkan oleh android Kitkat ini, dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan aplikasi seperti Cloud Print atau ePrint jika ingin mencetak lewat gadget.
  5. Infrared Blasting, Pada perangkat dengan inframerah (IR) blaster, Android sekarang mendukung aplikasi untuk remote control TV dan perangkat lain di dekatnya.
  6. Bluetooth MAP Support, Android Kitkat mendukung Message Access Profile (MAP) sehingga mobil Bluetooth dapat bertukar pesan dengan perangkat Anda.

Fitur terbaru Android Lollipop 5.0 sebagai berikut :

  1. Lollipop dapat digunakan di perangkat dengan prosessor 64-bit seperti Snapdragon 808 dan Snapdragon 810. Jika ingin membuktikan performa sistem operasi ini, gunakan perangkat atau aplikasi dengan arsitektur prosesor yang lebih cepat.
  2. Fitur asisten pribadi Google Now tampak usang dan nantinya dapat membaruan semenjak Apple memperbarui fitur serupa dan Microsoft menghadirkan Cortana. Lewat Lollipop, Google melakukan inovasi dengan mengintegrasikannya ke beragam perangkat. Google Now nantinya dapat terhubung ke aksesori wearable dan perangkat pintar lain.
  3. Fitur yang ini dapat mengumpulkan data aktivitas olahraga penggunanya. Data kemudian dapat terkoneksi dengan perangkat lain, salah satunya lewat platform wearable, Android Wear. Fitur ni sekaligus menantang fitur serupa yang akan hadir di iOS 8 buatan Apple,yaitu HealthKit.
  4. fitur hemat batterai dapat menambah  umur batterai saat digunakan bertambah hingga 90 menit dari versi android sebelumnya (Kitkat), dan waktu pengisian yang lebih cepat 30 menit hingga 1 jam dari versi android sebelumya. sungguh menajubkan.
  5. Tampilan antarmuka Material Design menggunakan desain ikon-ikon yang lebih flat dengan warna dan tipografi yang lebih berani dibanding versi Android sebelumnya. Google juga mengklaim bahwa tampilan antarmuka baru ini lebih responsif terhadap sentuhan dan suara.
  6. Dan yang terakhir dari Android Lollipop ini adalah sistem keamanannya, telah tersemat fitur Smart lock yang dapat bekerja dengan cara menjadikan obyek-obyek lain yang dipercaya sebagai “kunci” pembuka smartphone, seperti jam tangan atau mobil.

Jadi kelebihan Os kitkat terletak pada design dan dan objek gambar yang berwarna daripada Os Lollipop yang hanya mempunyai sedikit warna, dilihat dari status bar Kitkat lebih terlihat simple dibandingkan dengan Lollipop yang agak ribet dalam penataan status bar.
Lihat status bar Android Lollipop 5.0 :
Dan ini status bar Android Kitkat 4.4 :Tapi jika dilihat dari segi kecepatan dan kestabilan processor, dibandingkan dengan kitkat Os Lollipop lebih ringan dan halus, pembawaan simple dan pastinya tahan batterai hingga 30% dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Os Kitkat. Tapi sangat disayangkan design yang dimiliki si Lollipop ini terlihat kaku jadinya dan background berwarna abu – abu dan sedikit yang berwana, tapi lihat si user ingin memilih os Kitkat yang bawaan terlihat simple and colorfull atau Lollipop yang tak mementingkan design tapi kestabilan dan keringanan suatu gadget itu sendiri, itu terserah anda semua ingin memilih yang mana dan selera masing- masing.
Itu tadi adalah perbedaan android versi Kitkat dengan android versi terbaru yaitu Lollipop dengan fitur – fitur yang menajubkan mampu membuat pengguna lebih nyaman dan dapat memanfaatkan smartphonenya dengan lebih baik, jadi dari kedua versi android diatas mana yang cocok dengan pilihan anda. Ke duanya mempunyai fitur dan hal yang baru dari masing – masing versi, sekian preview dari saya tentang perbandingan Android Kitkat dengan Lollipop. Jika ada salah dalam penggunaan kata mohon dimaafkan dan terima kasih.
Label :

  • os android paling ringan
  • kitkat vs lollipop
  • versi android paling ringan
  • android kitkat vs lollipop
  • os lollipop vs kitkat
  • os kitkat vs os lollipop
  • perbedaan hp berat dan ringan
  • kitkat vs lollipop bagus mana
  • bagaimana advan cara pengisian cepat untuk android lolipop
  • os android teringan
  • OS android yg paling stabil
  • os untuk hp huwawei kitket jd lolipop
  • os ringan untuk android
  • os paling ringan dan lancar untuk kitkat
  • oppo s5 kitket atau lolipop

Post Comment