Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia

Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia

Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia

KABEKA.NET. Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia. Sebagai seorang pengguna Internet biasa nya setiap hari kita selalu membuka dan mencari berbagai informasi tentang apa saja yang kita butuh kan di sana. Dan bisa di pastikan pula apa saja yang kita butuhkan tersebut selalu ada di Internet. Tapi apakah kita pernah berpikir kenapa semua nya bisa tersedia di Internet ? Kenapa setiap orang yang mencari sesuatu selalu bisa menemukan nya di Internet ? Dari manakah semua isi yang ada di Internet itu berasal ?
Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia
Nah pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas masalah ini, lebih khusus nya tentang ” BLOG “. Blog atau website lah jawaban atas pertanyaan di atas tersebut. Semua yang kita butuh kan di Internet itu berasal dari postingan atau artikel yang di tulis seseorang dalam sebuah Blog mereka. Dengan menulis artikel tersebut nanti nya setiap orang bisa membaca serta mendapatkan manfaat dari pembahasan yang kita terbitkan ke Internet tersebut. Dan tentu nya dengan banyak orang yang membaca artikel tersebut kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Lalu apakah sebenar nya yang di maksud Blog itu, berikut pembahasan lengkapnya.

Pengertian Blog

Menurut Wikipedia Blog terdiri dari dua kata yaitu Web dan Log yang bisa di artikan sebuah aplikasi web yang berisi tentang artikel artikel yang kita muat atau terbitkan dalam sebuah halaman web. Dalam blog tersebut kita bebas menulis kan apa saja yang kita ingin kan sesuai dengan hal yang kita kuasai misal nya tentang Resep Masakan jika kita hobi dalam memasak, Tutorial Fotografi jika kita menguasai bidang fotografi tentunya dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tapi yang perlu di ingat dalam menuliskan sesuatu di Blog sebaik nya kita harus menerapkan norma norma yang berlaku di masyarakat dan jangan sekali kali melanggar norma dan aturan tersebut. Karena nantinya banyak yang akan membaca artikel kita tersebut, jadi dikhawatir kan akan mengakibatkan sesuatu yang buruk di masyarakat. Untuk itu buat lah artikel yang bermanfaat dan sekira nya akan berdampat positif bagi yang membaca nya. Setelah menulis artikel kemudian apa sajakah potensi atau manfaat yang akan kita terima nanti nya sebagai generasi muda pada khususnya ? Inilah beberapa paparan nya.

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Mengembangkan Kemampuan Diri

Sebagai generasi muda yang masih sedikit pengalaman tentunya memiliki sebuah blog dan rutin menjalankan nya akan berdampat pada meningkatnya kemampuan diri. Rutin membuat artikel pada sebuah blog tentu nya tidak gampang, kita harus mencari informasi dari berbagai penjuru baik dari media cetak maupun dari media lainnya. Bahkan tidak jarang juga kita harus mencoba sendiri pengalaman tersebut sebelum menerbitkan nya dalam sebuah artikel agar di dapati data yang akurat dan terpercaya.

Menyalurkan Hobi

Setiap orang pasti memiliki sebuah hobi yang rutin di lakukan, seperti saya misal nya memiliki ketertarikan di bidang fotografi. Dengan memiliki blog saya bisa menyalurkan hobi tentang fotografi saya tersebut dalam sebuah tulisan baik itu berupa Tutorial Fotografi yang sudah sering saya lakukan sendiri atau pun tulisan tentang Review produk fotografi seperti jenis kamera, jenis lensa dan berbagai macam aksesoris fotografi lainnya. Dan yang pasti itu sangat menyenangkan.

Berbagi Pengetahuan

Seperti yang saya sebutkan di atas juga, menerbitkan artikel Tutorial Fotografi tentunya bisa menjadi media berbagi kepada orang lain terutama kepada orang yang mempunyai hobi sama dengan saya. Dengan membaca artikel yang saya terbitkan tersebut setidak nya para pengunjung blog bisa lebih mengerti tentang apa yang akan di lakukannya. Jadi para pengunjung bisa lebih memersiap kan diri atau pun alat yang akan digunakan untuk bisa mengambil foto yang bagus sesuai pada artikel yang saya terbitkan.

Menciptakan Lapangan Kerja Sendiri ( Menghasilkan Uang )

Blog juga bisa berpotensi menghasilkan uang, memang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan juga kerja keras untuk memperoleh hasil yang maksimal namun jika kita terus pantang menyerah tidak mustahil bisa memiliki penghasilan yang luar biasa dari Blog. Sudah banyak Blogger Blogger dunia yang menikmati hasil dari menulis artikel secara rutin ini, di Indonesia sendiri yang cukup di kenal adalah sosok Eka Lesmana yang sebelumnya adalah tukang angon bebek namun kini sudah meraih sukses dari menjadi Blogger.

Menambah Relasi Atau Partner

Mempunyai sebuah blog juga bisa memberikan kita banyak partner atau relasi sesama Blogger tentunya. Dengan demikian kita bisa saling bertukar informasi atau pun ilmu yang biasa di gunakan dalam mengembangkan Blog nya masing masing. Seperti yang saya alami sendiri, dari awal membuat Blog sampai sekarang saya sudah banyak memiliki relasi yang tentunya bisa membantu saya dalam mnyelesaikan masalah yang saya hadapi dalam menjalani hobi sebagai Blogger ini.

Promosi Produk

Sekarang adalah era nya jual beli online, kita bisa berbelanja kapan dan dimana pun tanpa harus pergi langsung ke toko nya. Dengan bermodalkan Internet kita sudah bisa mendapatkan barang yang di inginkan. Peluang ini bisa kita manfaat kan untuk mempromosikan produk yang kita jual dengan membuat sebuah toko online, atau bisa juga kita titip lapak di situs situs jual beli yang sudah terkenal seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Dengan demikian besar kemungkinan produk kita akan lebih dikenal dan tentunya penghasilan akan semakin meningkat.
Itu adalah beberapa potensi yang bisa kita dapatkan dengan memaksimalkan sebuah Blog, dan sebenarnya masih banyak lagi potensi yang bisa kita dapatkan lainnya. Namun semua itu harus di barengi juga dengan kerja keras dan kerja cerdas agar bisa lebih cepat terwujud.  Untuk mewujud kan nya tersebut di perlukan pula langkah langkah yang tepat, dan berikut saya berikan sedikit tips dan trik nya menjadi seorang Blogger Muda yang sukses.

Tips Membangun Sebuah Blog Yang Potensial

Menentukan Niche Yang Tepat

Sebelum membuat sebuah Blog langkah pertama yang kita lakukan adalah memilih niche atau satu topik bahasan yang tepat. Langkah ini penting karena kita harus memilih niche yang sesuai dengan minat dan keahlian kita pribadi. Misal nya kita menguasai ilmu tentang Desain Arsitektur maka niche yang harus kita pilih juga harus Desain Arsitektur. Coba bayangkan jiks kita memilih  niche sembarangan, bisa dipastikan dalam waktu beberapa bulan saja kita sudah bosan dan kehabisan ide menulis artikel.

Konsisten Menulis

Untuk memiliki sebuah Blog yang ramai pengunjung kita harus konsisten menulis dan mengupdate artikel secara rutin. Memang awal nya menulis itu sangat susah, tapi semakin kita sering menulis maka kemampuan kita dalam membuat artikel yang berkualitas pun sedikit demi sedikit akan meningkat. Jika kita jarang update artikel dalam blog tentunya pengunjung tidak akan kembali lagi dan akan beralih ke blog lain yang memiliki kualitas lebih dari pada Blog milik kita.

Selalu Mau Belajar

Ngeblog merupakan proses belajar terus menerus yang tiada henti, karena setiap hari pasti ada saja ilmu baru yang akan kita terima. Awal nya saya ngeblog hanya tahu soal update artikel saja namun lama kelamaan saya akhirnya mengetahui soal SEO, Meta Deskripsi dan masih banyak ilmu lainnya walaupun saya sendiri masih belum menguasai semua ilmu tersebut. Namun setidak nya sudah mengenal, dari mengenal itu lah kita nantinya bisa belajar agar Blog yang kita bangun menjadi lebih berkualitas dan di sukai pengunjung maupun Search Engine.

Buat Konten Berkualitas

Ada istilah yang muncul dalam dunia Blogging bahwa “ Konten Adalah Raja “. Istilah tersebut memang benar adanya, kita harus menyajikan konten atau artikel berkualitas dalam setiap update an Blog. Kuantitas memang penting tapi kualitas lebih penting, jadi dari pada kita sering update artikel tidak berkualitas lebih baik kita jarang update artikel namun sekali nya menerbitkan konten tentunya dengan konten yang berkualitas. Untuk menciptakan konten berkualitas tentunya perlu latihan yang rutin dan yang paling penting adalah konsisten.

Lakukan Blogwalking

Blogwalking atau jalan jalan di Blog milik orang lain juga salah satu hal penting yang perlu di lakukan seorang Blogger apalagi yang masih pemula seperti saya ini. Dengan sering melakukan Blogwalking kita akan mengetahui berbagai macam kriteria Blog, Menu Navigasi nya, Susunan artikel dan segala sesuatu yang ada di dalam Blog tersebut. Dengan demikian kita bisa membandingkannya dengan Blog milik kita pribadi sehingga bisa memperbaiki apa apa saja yang kurang pada Blog pribadi yang kita punya.

Domain Dan Hosting Pribadi

Sebenarnya kita bisa mempunyai Blog secara gratis dan bisa juga menghasilkan uang dari Blog gratisan tersebut. Namun akan lebih baik lagi jika kita mempunyai Domain dan Hosting pribadi dalam pengelolaan Blog. Dengan memakai Domain pribadi akan membuat Blog kita lebih terlihat profesional dan tentunya mudah di ingat oleh pengunjung apabila mereka ingin mengunjungi kembali Blog milik kita. Sementara untuk Hosting pribadi sendiri fungsi nya sebagai database tempat kita menyimpan file yang nantinya bisa di download oleh pengunjung Blog. Domain dan Hosting sangat berpengaruh dalam pengendalian Blog secara penuh dan juga lebih SEO. Jadi untuk yang ingin serius menggeluti Blog saya secara pribadi menyarankan untuk menggunakan Domain dan Hosting pribadi. Untuk pemesanan Domain dan Hosting bisa melalui DEWAWEB yang merupakan salah satu penyedia layanan Domain dan Hosting terbaik di Indonesia.
Langkah langkah di atas bisa kita praktekkan untuk membangun sebuah Blog yang baik agar di dapat pengunjung organik yang melimpah. Dengan banyak nya pengunjung organik tentunya akan membuat Blog kita semakin baik di mata Search Engine dan pasti nya akan menambah pundi pundi penghasilan ke dalam kantong pribadi kita. Jadi jangan remehkan sebuah Blog, karena di era informasi ini mejadi seorang Blogger adalah pekerjaan yang cukup menjajikan jika kita konsisten secara terus menerus. Dan akhirnya  Pekerjaan Yang Paling Menyenangkan Adalah Hobi Yang Dibayar “.

Demikian sedikit artikel tentang Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia, semoga bermanfaat dan terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca tulisan saya ini. Sampai jumpa.

Post Comment