Proses Menuju Kesuksesan ala Sukanto Tanoto

sukanto-tanoto

Baru-baru ini marak kasus penipuan dengan modus penggandaan uang atau logam mulia dengan waktu cepat. Korbannya dari berbagai kalangan.

Situasi ini sangat miris, dan dinilai sebagai indikasi munculnya kebiasaan “instan”. Mereka enggan bekerja keras dan melakukan proses yang benar dalam meraih kesuksesan. Padahal, butuh waktu untuk bisa menggapai keberhasilan dalam bidang apapun. Hasil yang diperoleh melalui jalan pintas atau instan biasanya juga tidak bertahan lama.

Kiprah pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, dapat menjadi teladan. Ia mampu meraih kesuksesan karena ia mau menitinya dari bawah, tahap demi tahap. Bisnis Sukanto Tanoto dimulai dari nol. Pada usia muda, Sukanto Tanoto putus sekolah dan tidak bisa lagi meneruskan pendidikannya. Saat itu, Sukanto Tanoto juga harus mengelola usaha keluarganya karena sang ayah meninggal. Namun, ia tetap gigih menekuninya demi menghidupi keluarga.

Sukanto Tanoto mengawali bisnisnya di bidang perdagangan umum. Seiring waktu, Sukanto Tanoto mulai menapaki bidang lain dan tidak pernah berhenti bekerja keras. Ia tetap berusaha membesarkan usahanya dengan mencari peluang bisnis baru. Kejeliannya dalam mengendus peluang akhirnya terbukti bermanfaat besar.

Kini, Sukanto Tanoto telah dikenal sebagai pengusaha terpandang. Bisnis Sukanto Tanoto kini telah meluas dalam berbagai bidang. Semua usahanya yang tergabung ke dalam Royal Golden Eagle (RGE) sudah menjadi grup perusahaan berskala internasional. Salah satu produknya, yaitu kertas PaperOne telah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia.

Kisah Sukanto Tanoto bisa menjadi inspirasi bisnis sukses bagi siapa saja, terutama para pengusaha muda. Ia menggapainya dengan proses. Tidak ada keberhasilan yang diraihnya dengan instan. Semua mesti menjalani tahapan-tahapan yang membutuhkan kesabaran dan kerja keras.

 

Post Comment