Rindu Rumah di Perantauan? Coba Resep Kue Kastengel Buatan Ibu

Rindu Rumah di Perantauan? Coba Resep Kue Kastengel Buatan Ibu

Pergi jauh dari rumah dalam rangka hijrah untuk mencari ilmu atau pekerjaan merupakan salah satu yang wajar dilakukan para miillennian. Tapi, awal-awal jauh dari ibu kadang bisa menimbulkan home sick. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba resep kue kastengel buatan ibu yang pastinya bisa sedikit mengobati kerinduan Anda pada ibu.

kue-kastengel

Kepandaian dalam hal memasak sepertinya tidak lepas dari yang namanya ‘ibu’. Tanpa perlu mengambil kelas memasak pun, seorang ibu selalu bisa menyajikan santapan lezat untuk keluarga. Begitupula halnya dengan kue sebagai camilan. Misalnya, kastengel yang sering dibuat ibu saat Lebaran.

Jadi, untuk Anda yang tinggal di perantauan, sesekali cobalah resep membuat kue kastengel seperti yang ibu Anda pernah buat. Caranya juga cukup mudah, lho. Untuk membuat kue kastangel ini, Anda tidak perlu repot membuat selai nanas seperti saat membuat kue nastar. Bahan yang diperlukan yaitu 300 gram tepung terigu dan 3 butir kuning telur.

Bahan lainnya meliputi 3 sdm susu bubuk, 7 sdm Blue Band Cake and Cookie, 2 sdm tepung maizena, 1 butir kuning telur untuk olesan, 100 gram keju cheddar parut, 70 gram keju edam parut, dan 2 sdm gula halus.

Anda tidak perlu bingung dengan jenis-jenis keju yang akan digunakan, cukup sodorkan kertas berisi nama-nama bahan ini ke toko kue, semuanya dijamin ada. Nah, untuk tahap pertama dalam proses pembuatan kue kastangel ini, campur Blue Band Cake and Cookie serta kuning telur ke dalam mangkuk ukuran besar. Aduk sampai rata.

Selanjutnya, tambahkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, gula halus, keju cheddar parut, dan keju edam parut. Aduk hingga membentuk adonan. Jika sudah kalis, giling adonannya di atas talenan atau papan datar menggunakan botol kaca (bisa menggunakan rolling pin). Kemudian, bentuk adonan kastengel sesuai selera Anda.

Setelah adonan kastangel sudah dibentuk, panaskan panci pengukus tapi jangan diberi air. Cukup masukkan saringan yang telah diolesi Blue Band untuk menghindari lengket. Untuk mempercantik tampilan kastangel sehingga terlihat cling, olesi permukaan adonannya dengan kuning telur, lalu taburkan sedikit keju edam atau cheddar parut di atasnya.

Kemudian, letakkan semua adonan kastengel di atas saringan panci lalu masak dengan api kecil selama kurang kebih 30 menit. Setelah setengah jam dilewati, angkat panci, lalu pindahkan kuenya ke piring. Sebelum dimasukkan ke toples atau dimakan, dinginkan sebentar. Baru setelah itu, kastengel rasa kasih sayang ibu, siap Anda santap.

Resep kue kastengel buatan ibu yang pernah diulas dari laman Blue Band tersebut sangat mudah dipraktikkan, bukan? Dengan membuat sendiri resep kastangel warisan ibu dan Blue Band, Anda bisa menghadirkan ibu dari setiap suapan kastengel yang masuk ke dalam mulut Anda. Ibu pun bisa tenang meski Anda tidak bisa pulang dari perantauan saat Lebaran tiba.

Post Comment