Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia

Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia

Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia

Agama Islam adalah salah satu agama terbesar di dunia. Agama ini awalnya diturunkan di daeraih Arab. Dari daerah Arab, agama Islam kemudian mulai berkembang ke seluruh dunia. Melalui peran para Khalifah, agama Islam menyebar dan ikut membentuk peradaban di dunia. Hal ini juga didukung oleh aktivitas perdagangan dan kesadaran hukum muslim sendiri untuk menyebarluaskan Islam diantara orang-orang yang belum mengenal Islam.

Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia

Di Indonesia, agama Islam masuk secara damai melalui aktivitas perdagangan antara kaum pedagang muslim dengan penduduk setempat. Dari interaksi ini, muncul ketertarikan untuk menganut Islam. Selain para pedagang, kaum mubaligh dan para wali juga sangat berpengaruh dalam perkembangan agama Islam di Indonesia.

A. Teori Masuknya Agama Islam di Indonesia
Menurut Ahmad Mansur Suryanegara, proses masuk dan perkembangan Islam di Indonesia dipengaruhi oleh tiga teori, diantaranya:

1. Teori Gujarat
Menurut teori ini, agama Islam mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-13 yang dibawa dari Gujarat (Cambay), India. Pendukung dari teori ini ialah: Snouck Hurgronye, W.F. Stutterheim, dan Bernard H.M. Vlekke. Dasar dari teori ini adalah:
A. Kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran Islam di Indonesia.
B. Adanya hubungan dagang antara Indonesia dengan India yang terjalin lama melalui jalur Indonesia-Cambay-Timur Tengah-Eropa
C. Ditemukannya batu nisan Malik Al Saleh, Sultan Samudra Pasai pada tahun 1297 yang bercorak khas Gujarat.

2. Teori Mekkah
Teori Mekkah ini berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 dan pembawanya berasal dari Arab (Mesir). Pendukung teori Mekkah ini adalah Hamka, Van Leur dan T.W. Arnold. Dasar teori ini antara lain:
A. Raja-raja Samudra Pasai menggunakan gelar Al Malik, yaitu gelar yang berasal dari Mesir.
B. Kerajaan Samudra Pasai menganut aliran mazhab Syafi'i. Sedangkan Gujarat atau India adalah penganut mazhab Hanafi.
C. Pada tahun 674 di pantai barat Sumatra sudah terdapat perkampungan Islam (Arab).

3. Teori Persia
Menurut teori ini, pada abad ke-13 Islam masuk ke Indonesia dan dibawa dari Persia (Iran). Dasar teori ini adalah kesamaan budaya Persia dengan budaya masyarakat Islam Indonesia, seperti:
A. Ditemukannya malam Maulana Maliq Ibrahim tahun 1419 di Gresik
B. Kesamaan ajaran Sufi yang dianut Syekh Siti Jennar dengan sufi dari Iran yaitu Al-Hallaj.
C. Peringatan 10 Muharram atau 'Asyura atas meninggalnya Hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad.
D. Penggunaan istilah bahasa Iran dalam sistem mengeja huruf Arab untuk tanda-tanda bunyi harakat.
E. Adanya perkampungan Leren-Leran di Giri daerah Gresik.
Pendukung dari teori ini adalah Prof. Dr. P.A. Hossein Djajadiningrat dan Oemar Amir Hoesin.

B. Proses Islamisasi di Indonesia
Proses Islamisasi yang terjadi di Indonesia dilakukan secara damai melalui beberapa jalur, diantaranya:

1. Perdagangan
Perdagangan merupakan tahap awal dari perkembangan Islam di Indonesia. Para pedagang tersebut berasal dari Cina, India, Persia, Arab, Mesir, dan Turki. Selain berdagang, pedagang muslim juga menyebarkan agama Islam.

2. Perkawinan
Perkawinan pada umumnya terjadi setelah pedagang muslim yang datang ke Indonesia menikah dengan wanita pribumi. Sebelum menikah, biasanya wanita pribumi itu diminta untuk mengucapkan dua kalimat syahadat terlebih dahulu sebafai syarat untuk menganut agama Islam.

3. Pendidikan
Pendidikan umumnya dilakukan di pesantren-pesantren yang didirikan oleh para mubaligh dan kyai yang berada di Indonesia. Pendidikan dilakukan dengan mengajarkan Islam pada masyarakat setempat.

4. Kesenian
Penyebaran agama Islam dalam bidang kesenian banyak dilakukan oleh para wali dan mubaligh. Bentuk kesenian tersebut dapat dilihat dari seni bangunan, seni pahat, seni musik, dan seni sastra.

5. Tasawuf
Tasawuf adalah ajaran atau cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Cara tasawuf pada umumnya lebih mudah diterima oleh orang yang telah mempunyai dasar ketuhanan.

6. Para Ulama
Penyebaran Islam ke berbagai wilayah di Indonesia tidak lepas dari perjuangan dan kerja keras para ulama besar seperti Walisongo. Dakwah yang dilakukan oleh para Walisongo ini dilakukan secara damai, halus, dan disesuaikan dengan keadaan masyarakat setempat.

Demikianlah posting tentang Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia,
Semoga bermanfaat.

Post Comment