Teknik Dasar Bantingan Kata-Guruma – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Kata-Guruma – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Kata-Guruma – Beladiri Judo

Kata-Guruma adalah teknik bantingan dengan melakukan gerakkan berputar melalui pundak (Shoulder Wheel).

Sementara keseimbangan badan Uke ke derong kanan di hilangkan, kemudian Tori mengakat Uke dengan pundaknya lalu melempar/membanting Uke ke atas tatami. Berikutnya Tori harus masuk cukup dalam diantara kedua kaki Uke.

Pada bagian belakang kepala/tengkuk Tori harus berada di samping sabuk Uke. Berikut teknik pelaksanaanya….

Teknik Dasar Bantingan Kata-Guruma – Beladiri Judo
 1. Sikap pegangan kanan yang biasa. Kemudian Tori melangkah mundur dengan kaki kirinya sambil manarik Uke ke depan dengan kedua tangannya.

2. Uke akan melangkah kedepan dengan kaki kanannya, Tori menarik pergelangan lengan baju kanan Uke dengan tangan kirinya untuk menghilangkan keseimbangan Uke ke serongan kana depannya. Tori menekuk lutut kanannya dan melangkah maju masuk ke antara kedua kaki Uke. Belakang kepa Tori berada di samping kanan sabuk Uke, pegangan tangan kanan dilepaskan dan tangan kanan merangkul paha kaki kanan Uke.

3, 4. kemudian Uke diangkat ke atas pundak Tori, tangan kiri menarik ke arah dada lalu Tori berdiri dengan Uke berada di atas pundaknya. Lalu Uke dilempar ke arah samping kiri Tori.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Naah, demikian pelakasanaan Teknik Dasar Bantingan Kata-Guruma, terimakasih sudah berkunjung di aak-sahre.com dan semoga bermanfaat.

Post Comment