Teknik Dasar Bantingan Ko-Uchi-Gari – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Ko-Uchi-Gari – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Ko-Uchi-Gari – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Ko-Uchi-Gari merupakan perbalikan dari teknik Kosoto-Gari yaitu teknik bantingan dengan menyabit dari dalam ke luar (Small Inner Reap).

Sama halnya dengan teknik bantingan yang lain diperlukannya menghilangkan kesembingan, pada Teknik Bantingan Ko-Uchi-Gari di perlukannya menghilangkan keseimbangan bdan uke ke arah kanan belakang maka Tori menyabit kaki kanan Uke dari dalam dengan kaki kanannya dan melempar uke kebelakang. Teknik pelaksanaannya sebagai berikut ….

Teknik Dasar Bantingan Ko-Uchi-Gari

  1. Sikap pegangan kanan yang bebas. Tori mendorong uke dengan kanannya ke arah kiri belakang uke.

  2. Uke akan mendong kembali, pada sat itu  tori menarik  uke dengan tangan kirinya (Hikite) sambil menggeser kaki kirinya ke belakang kaki kanannya. Tariklah dengan gerakan badan ke kiri sehingga uke akan melangkah maju dengan kaki kanannya.

  3. Saat sebelum uke menghentikan langkahnya dan menapakkan kaki kanannya, Tori memindahkan berat badannya pada kaki kirinya dan menyabit/mengait dengan telapak kaki kanannya pada belakang tumit uke dari arah dalam.

  4. Arah sabitan/kaitan searah dengan arah ibu jari kaki uke.

  5. Pada saat bersamaan Tori mendorong serta menekan Uke ke bawah dengan kedua tangannya sehingga uke akan terjatuh ke belakang.
Waktu pelaksanaan teknik ini adalah sangat penting. Menyabit/mengait uke adalah pada saat ia memindahkan berat badannya pada kaki tersebut. Sama dengan gerakan Kosoto-Gari gerakan menyabitnya/mengait adalah dengan sapuan telapak kaki di atas tatami dan ibu jari kaki Tori mengarah ke atas.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Ko-Uchi-Gari – Beladiri Judo, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Post Comment