Teknik Dasar Bantingan Kosoto-Gake – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Kosoto-Gake – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Kosoto-Gake – Beladiri Judo

Kosoto-Gake adalah teknik bantingan Judo dengan mengaitkan sendi mata kaki dari luar ( Small Outer Hooki).

Pertama-tama hilangkan keseimbangan badan Uke ke arah serong kanan belakang, kaitkan mata kaki kanan Uke dengan kaki kiri lalu lempar kebelakang. Berikut teknik pelaksanaannya …

Teknik Dasar Bantingan Kosoto-Gake – Beladiri Judo

1. Sikap pegangan kanan yang biasa

2. Tori melangkah mundur dengan kaki kanan sambil menarik uke dengan kedua tangan, Uke akan akan melangkah maju dengan kaki kirinya yanng kemudian diikuti oleh kaki kanannya. Tori menghilangkan keseimbangan badan Uke ke serong kanan belakangnya dengan mendorong Uke dengan tangan kanan ke serong kiri depoan Tori dan menarik lengan kanan Uke dengan tangan kiri.

  • Saat yang terbaik pada pelaksanaan teknik ini adalah pada saat Uke berdiri tegak dengan badan yang di ondongkan ke belakang untuk menahan tarikan Tori dan saat itu berat badan Uke berada pada salah satu kakiknya.
3. Tori mendorong Uke ke belakang dan ke bawah sambil mengaitkan mata kaki kanan Uke dengan telapak kaki/belakang tumit kiri Tori.

4. Tori mengaitkan/menyabit dengan gerakan mengangkat sambil mendorong dan menekan Uke ke bawah.
  • Teknik ini dapat dilaksanankan pada saat Uke melangkah maju ataupun melangkah mundur. Melangkah masuk (Taisabaki) merupakan bagian dari gerakan berkesinambungan dari menarik dengan tangan kiri (Hikite) dan mendorong dengan tangan kanan (Oshite) sehingga gerakan gerakan ini akan memungkinkan Tori menghilangkan keseimbangan badan Uke ke samping kanan Belakang.

  • Tergantung dari keadaan, Tori terkadang-kadang merasa lebih senang mempergunakan bagian belakang sendi mata kakinya mengait kaki Uke dari pada menggunakan telapak kakinya.
5. Uke akan terjatuh di depan Tori.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Kosoto-Gake, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Post Comment