Teknik Dasar Bantingan Tsurikomi-Goshi – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Tsurikomi-Goshi – Beladiri Judo

Teknik Dasar Bantingan Tsurikomi-Goshi – Beladiri Judo

Bantingan Tsurikomi-Goshi adalah teknik bantingan sambil menarik dan mengangkat dengan pinggul (Lift-Pull Hip Throw).

saat yang tepat melakukan teknik bantingan Tsurikomi-Goshi adalah pada saat Uke kehilangan keseimbangan badannya ke depan atau serong kanan depan., Tori merendahakan pinggulnya setinggi paha kaki Uke, lalu sambil sambil mengangkat pinggulnya Tori menarik Uke dengan kedua tangannya dan melempar Uke dengan pinggulnya. Teknik pelaksanaannya sebagai berikut …..

Teknik Dasar Bantingan Tsurikomi-Goshi – Beladiri Judo

  1. Sikap pegangan kanan yang biasa, Tori mundur selangkah dengan kaki kanan sambil menarik Uke ke depan sehingga untuk menjaga keseimbangan Uke akan melangkah dengan kaki kirinya ke depan.
  2. Hilangkan keseimbangan badan Uke ke serong kanan depan dengan menarik dan mengangkat dengan kedua tangan (Hukite dan Tsurite). Pada saat yang bersamaan Tori memindahkan kaki kanannya ke depan di antara kedua kaki Uke. (Mae Mawari Sabaki).

  3. Tori menyelipkan siku tangan kanannya di bawah ketiak kiri Uke lalu memutar badannya kekiri sambil manarik kaki kirinya kebelakang sehingga kedua kaki Tori sejajar dengan kaki Uke.

  4. Sambil melakukan tarikan dengan tangan kiri (Hikite) dan mengangkat dengan tangan kanan (Tsurite) Tori menekuk kedua lututnya sehingga pinggulnya turun dan diletakkan di depan paha kanan Uke.

  5. 6. Pada saat beraat badan Uke telah bertumpu di atas pinggul Tori, kemudian Tori meluruskan kedua lututnya dan mendorong pinggulnya ke belakang lalu menarik ke bawah dengan kedua tangannya.

    Uke akan berputar di atas pinggul dan terlempar jatuh di depan Tori. Toro memegang kearah (lapel) Judogi Uke agak tinggi, jagalah lengan kiri Uke dan mengontrol lengan kiri Uke dengan lengan dan siku tangan kanan Tori. pada saat yang bersamaan Tori menarik Uke dengan gerakkan mengangkat ke atas.

Saat melakukan penyerangan terbaik kepada Uke dengan teknik bantingan Tsurikomi-Goshi yaitu pada saat Uke maju dengan kaki kananya.
40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Demikian kami sampaiakan mengenai  Teknik Dasar Bantingan Tsurikomi-Goshi, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Post Comment