Tips Menjaga Tempat Cuci Piring Bebas Bakteri

Tips Menjaga Tempat Cuci Piring Bebas Bakteri

Ruangan kotor dalam sebuah rumah dapat menjadi sumber penyakit bagi penghuhinya. Salah satu ruangan yang paling rentan akan bibit penyakit adalah dapur. Tempat cuci piring (wastafel) dan kran, kompor, pintu lemari es, dan spons cuci piring merupakan bagian-bagian yang biasanya sangat berpotensi menjadi sarang kuman. Bakteri yang biasanya muncul adalah bakteri Salmonella dan E. Coli. Khususnya di tempat cuci piring, kondisinya yang selalu lembab dan basah dapat membuat tempat ini sebagai sarang empuk bakteri tersebut. Oleh karena itu Anda perlu tahu cara menjaga tempat cuci piring agar tetap bersih dan bebas bakteri.

Tips Menjaga Tempat Cuci Piring Bebas Bakteri

  1. Ingat untuk Selalu Keringkan Tempat Cuci Piring

Kesalahan besar yang umum dilakukan oleh kebanyakan ibu rumah tangga ialah membiarkan tempat cuci piringnya tetap dalam keadaan basah. Seperti yang telah disinggung di atas bahwa kondisi wastafel yang basah dapat mengakibatkan kuman berkembang lebih cepat. Oleh karena itu, ibu harus ingat untuk selalu mengeringkan wastafel setelah digunakan. Keringkanlah tempat cuci piring Anda dengan bantuan serbet bersih. Hal ini tentu mampu menghambat munculnya bakteri.

  1. Bersihkan Wastafel Setiap Hari

Menjaga agar wastafel Anda bersih tentu saja harus dengan cara membersihkannya setiap hari. Membiarkan wastafel yang kotor sama saja dengan membiarkan kuman bersarang dengan leluasa. Jadi, pastikan bahwa Anda membersihkan wastafel dengan benar setelah selesai mencuci piring. Cara membersihkanna pun mudah sekali, Anda hanya perlu mengkombinasikan sewadah air dengan Sunligh Jeruk Nipis 100 kemudian celupkan spons dan gosok seluruh permukaan wastafel Anda dengan spons tersebut.

Jangan lupa membilasnya dengan air dan mengeringkatnya dengan serbet. Satu lagi, pastikan bahwa spons yang Anda gunakan bersih. Cara menjaga kebersihan spons pun mudah, Anda hanya perlu membersihkannya dengan cermat setiap selesai menggunakan dan mengganti setiap dua minggu sekali.

  1. Bersihkan Keran

Tempat cuci piring tentu tidak bisa jauh-jauh dari keran. Kebersihan keran pun harus benar-benar diperhatikan seperti bagian lehernya. Kebersihan keran pun semakin penting mengingat seringnya tangan kita bersentuhan dengan keran. Bersihkanlah bagian keran secara rutin dengan air hangat dan dengan cairan anti bakteri.

Nah, ternyata bukan hanya makanan dan minuman yang dapat membuat kesehatan Anda terganggu, tetapi tempat cuci piring pun juga demikian. Hiduplah dengan sehat secara total dengan selalu memprioritaskan kebersihan terutama bagian dapur. Semoga bermanfaat.

Post Comment